Penataan Ulang Pasar Labuan di Agendakan Selesai Akhir Tahun, Ini Kata Pelaksana

oleh -62 views
Foto: Potret lapak Pasar Ikan di Kota Labuan, Kab. Pandeglang. (Foto: Yona/SI).

PANDEGLANG, Selasa (14/11/2023) suaraindonesia-news.com – Penataan dan perapian Pasar Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang dikabarkan akan selesai dikerjakan pada bulan Desember 2023, hal ini diperuntukan guna memberikan rasa nyaman terhadap para pedagang dan pembeli saat melakukan transaksi jual beli di wilayah Pasar Labuan, serta berbagai aneka ragam aktivitas lainnya.

Seperti yang dikatakan oleh Heri Mulyana, selaku bagian perencanaan di PT. Sinar Labuan Sejahtera, yang saat ini sedang melaksanakan pekerjaan penataan Pasar Labuan.

“Luas lahan pengerjaan tahap awal 5.965 meter persegi, secara bertahap dikerjakan dengan total rencana keseluruhan mencapai 9.965 meter,”
ujar Heri menjelaskan pada wartawan.

Menurut nya, ada tiga kategori kios yang nantinya akan di peruntukan bagi para pedagang di Pasar Labuan, hal itu disesuaikan berdasarkan kemampuan bagi para pedagang yang akan memilikinya. Dengan data seluruh pedagang yang tercatat saat ini sebanyak 679 orang, sementara data yang memiliki kios sejumlah 419.

Baca Juga: Bertahun Tahun Menabung, Pedagang Makanan Keliling di Pandeglang Tertipu Undian Online Berhadiah

“Kami menyediakan tiga macam jenis kios bagi para pedagang, dengan luas 3×3 untuk yang permanen, ukuran 2,5 x 3 bagi yang semi permanen,serta 2×2 untuk jenis los terbuka,” bebernya.

Disinggung soal harga dari masing masing jenis kios yang ditawarkan, Heri mengaku belum bisa menyampaikannya. Hal itu didasari akan diadakannya musyawarah terlebih dahulu dengan para Pedagang yang akan menempati.

“Soal harga, kami belum bisa menyampaikan, karena hal ini akan terlebih dahulu diadakan musyawarah dengan semuanya. Intinya, kami tak ingin memberatkan pada para Pedagang nantinya. Mohon doanya, agar pelaksanaan penataan pasar berjalan dengan kondusif, agar tercipta suasana pasar yang nyaman dan rapi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Labuan, terutama bagi para pelaku di Pasar Labuan,” pungkasnya.

Sementara, salah satu pedagang ikan di Pasar Labuan mengapresiasi rencana pengelolaan dan penataan Pasar Labuan, ia berharap agar terciptanya suasana yang nyaman saat melakukan transaksi jual beli dengan pelanggannya.

“Sangat setuju dengan rencana ini pak, biar rapi dan tidak becek lagi saat musim hujan. Karena selama ini semrawut, apalagi saat di pagi hari suka macet, jalannya becek dan pembeli sering mengeluh karena pasar terlihat kumuh,” tukas salah satu penjual ikan di Pasar Labuan.

Reporter : Yona
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan