Pemuda dan Mahasiswa Putus Sekolah Diberi Pelatihan Pengelasan

Sekdes Gampong Panton Makmur, Kecamatan Manggeng di dampingi pemateri teknik saat melihat peserta melakukan pengelasan kerangka teratak dihalaman pingir kantor keuchik, Jumat (4/1/2019).

ACEH-ABDYA, Jumat (4/1/2019) suaraindonesia-news.com — Untuk membangun kemendirian kepada para pemuda dan mahasiswa putus sekolah di wilayah itu, perangkat Gampong Panton Makmur, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar pelatihan pengelasan.

Keuchik panton makmur,M.syam didampingi sekretaris (Sekdes) Ridwan menyebutkan, kegiatan pelatihan Pengelasan ini bertujuan dalam rangka memotivasi dan membangun sikap wirausaha kepada para muda putus sekolah di gampong panton makmur.

“Termasuk melatih keterampilan kaum muda produktif dalam usaha pengelasan. Menciptakan dan mengembangkan hubungan kerja dan kerjasama (team work) antar pemuda,” sebutnya.

Selain itu, program pemberdayaan melatih keterampilan pengelasan ini sumbernya dari dana desa( DD) tahun 2018 yang dilaksanakan selama lima belas hari dimulai 31 desember sampai 14 Januari 2019 dan di dampingi oleh tiga pemateri teknik senior dari wilayah setempat.

”Pelatihan ketrampilan pengelasan yang kita laksanakan ini sebagai modal dalam upaya meningkatkan kemandirian dan pendapatan bagi para mereka yang putus sekolah mana tahu nanti ada yang merantau keluar daerah minimal bisa bekerja meskipun sebagai kernet,” ujarnya.

Selanjutnya, dari realisasi sebesar Rp. 679.859.000, dana desa pihaknya telah menghasilkan beberapa aset gampong, seperti Galon air, satu unit becak piar, tiga unit becak honda merek supra fit, cetak batako dan satu mesin molen semen dan dua pintu bangunan ruko.

“Insya Allah penghasilan dari aset itu, kita jadikan sebagai kas desa,” tutupnya.

Sementara itu, Samsuar selaku tokoh masyarakat, di Gampong Panton Makmur berterimakasih atas kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagaimana yang dilakukan pejabat gampong.

“Kita sebagai masyarakat sangat bersyukur dengan kegiatan peningkatan sumberdaya manusia (SDM),melalui dana desa, mudah-mudahan kedapan semakin banyak program yang ditempuh gampong untuk masyarakat,” ungkap mantan anggota legislatif periode 2014 ini.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here