Pemkab Pekalongan Gelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Presentasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik. IST

PEKALONGAN, Rabu (10/7/2019) suaraindonesia-news.com – Seiring tuntutan kebutuhan dan harapan masyarakat dalam upaya peningkatan pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menggelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik. Selain untuk meningkatkan kwalitas pelayanan publik di lingkungan Pemkab Pekalongan, adanya kompetisi juga berkaitan dengan rancangan Pemkab perihal gerakan One Agency, One Inovation.

Kompetisi yang sudah digelar saban tahun ini, pesertanya semakin hari semakin meningkat. Asisten Administrasi Sekda Pekalongan, Amat Rosyidin berharap melalui kompetisi ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa bekerja maksimal, kreatif, dan termotivasi dalam melayani masyarakat dengan baik.

“Inovasi ini dibuat untuk mempercepat pelaksanaan publik yang baik dan berkelanjutan,” katanya.

Sebelumnya pada tahun 2014 sudah berlangsung gerakan inovasi di tingkat pusat yang disebut “Sinovik”, dan ada pula di tingkat Provinsi pada 2018 lalu, dimana Kabupaten Pekalongan. Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian Setda Kabupaten Pekalongan, Rukman Hidayat menyampaikan, bahwa sebelum kompetisi tersebut telah dilaksanakan sosialisasi dan workshop mengenai teknis dalam kompetisi.

“Kita lebih dulu adakan launching, kemudian workshop. Dimana kita ambil couch yang ahli di bidangnya,” jelasnya.

Setelah dilaksanakan workshop tersaring 24 inovan, yang kemudian proposalnya masuk ke penyelenggara. Kemudian proposal yang sudah diterima disesuaikan dengan karakteristik kompetisi tersebut yang berpedoman pada Permenpan No. 5 tahun 2019.

Adapun 3 tahap seleksi yang dilakukan oleh penyelenggara Kompetisi diantaranya adalah  administrasi, presentasi dan wawancara, dan survey lapangan.

Reporter : Arsyad
Editor : Amin
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here