Pemkab Abdya, Gelar Bintek LAKIP

oleh -38 views
Sekda Abdya Drs. Thamrin saat membuka kegiatan bimbingan teknologi (Bintek) Penyusunan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah, Perjanjian Kerja dan Indikator Kinerja Utama Tahun 2019.

ABDYA, Rabu (20/11/2019) suaraindonesia-news.com – Dalam pengelolaan pemerintah yang profesional pemkab Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar bimbingan teknologi (Bintek) Penyusunan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah, Perjanjian Kerja dan Indikator Kinerja Utama Tahun 2019, di Aula Masjid perkantoran setdakab setempat. Rabu (20/11).

Pantauan awak media, acara tersebut dibuka langsung oleh sekretaris daerah (Sekda) Drs. Thamrin, dihadiri para SKPK, sekretaris, kabag dan kabid serta  perangkat daerah lainnya.

Dalam Sambutannya Sekda Abdya Drs. Thamrin mengatakan, bahwa penyampaian laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah merupakan yang harus dilakukan oleh pemerintah sebagai wujud pertanggungjawaban dalam pengelolaan pemerintahan yang profesional sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat yang nyata dari kehadiran pemerintah.

Lanjutnya, laporan kinerja Pemerintah merupakan media pertanggungjawaban terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan sosial kemasyarakatan yang menyajikan informasi tingkat keberhasilan dan kegagalan dalam pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Aceh Barat Daya (RPJMK) Tahun  2017-2022.

“Laporan kinerja tersebut, disusun setiap tahun guna menjadi pedoman bagi pemerintah menentukan arah kebijakan di waktu mendatang agar senantiasa sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya,” tuturnya.

Selanjutnya kata Sekda, secara substantif laporan kinerja pemerintah merupakan salah satu bentuk pelaporan kinerja guna mewujudkan akuntabilitas dan pencapaian kinerja sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsi serta kewenangan dalam pengelolaan sumber daya yang dimiliki melalui pengukuran dan analisis setiap indikator kinerja pada setiap Sasaran Strategis.

Kemudian, penyusunan laporan Kinerja Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2019 yang akan disusun tahun 2020 mendatang menganut prinsip transparansi dan akuntabilitas yang secara normatif dan telah mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

“Dengan harapan bahwa dengan pelaksanaan kegiatan Bimtek pada hari ini, dapat meningkatkan kompetensi para aparatur Pemkab Abdya dalam menyusun LAKIP dengan harapan predikat nilai LAKIP kita nantinya menjadi lebih baik,” harap Sekda.

Berdasarkan amanat Permenpan-RB Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi Atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, evaluasi ditujukan untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil.

“Apa yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya kita untuk menindaklanjuti apa yang menjadi program prioritas pemerintah pusat dalam hal pelaksanaan reformasi birokrasi di semua instansi pemerintah baik pusat maupun daerah,” sebutnya.

Dijelaskan Sekda, Predikat atau penghargaan yang telah kita peroleh selama ini seperti nilai C untuk LAKIP maupun WTP selama 3 (tiga) tahun berturut-turut dalam pengelolaan keuangan daerah bukannya goal atau tujuan akhir kita, itu hanya merupakan tujuan antara untuk mencapai tujuan akhir kita yaitu kesejahteraan dan kemajuan seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pada kesempatan itu sekda juga menekankan kepada semua kepala organisasi perangkat daerah dan jajarannya untuk segera melakukan pembenahan, mengambil langkah  langkah korektif pada masing  masing unit kerja saudara sehingga apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan reformasi birokrasi bisa segera terwujud.

Ia berharap, kepada seluruh peserta agar dapat bersungguh sungguh selama mengikuti kegiatan ini, sehingga pada akhirnya LAKIP yang akan disusun nanti dapat sesuai dengan yang diharapkan dan ketentuan yang berlaku.

“Mudah mudahan apa yang kita laksanakan pada hari ini dapat menjadi awal yang baik bagi kemajuan daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *