Pemerintah Kabupaten Sumenep Intensifkan Program Pengentasan Kemiskinan

oleh -6 views
Foto: Kantor Dinsos P3A Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, Sabtu (22/6) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep terus meningkatkan upaya pengentasan kemiskinan melalui program yang semakin terintegrasi.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumenep, Mustangin, menyatakan bahwa berbagai sektor telah dikerahkan untuk menurunkan angka kemiskinan di wilayah tersebut.

Salah satu inisiatif utama adalah Program Pendataan Penduduk Miskin Terintegrasi, yang melibatkan semua perangkat daerah. Pendataan ini bertujuan untuk meminimalkan perbedaan data antar instansi mengenai jumlah warga miskin di Kabupaten Sumenep.

Untuk mengoptimalkan pendataan, Dinsos P3A melibatkan Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) dalam menginput data warga miskin ekstrem secara “by name by address”.

Baca Juga: Bantuan Pemberdayaan Lansia dan Disabilitas di Sumenep Bergantung pada Kemensos RI

Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) juga dilakukan oleh tenaga pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di seluruh Kabupaten Sumenep. Proses ini memastikan data kemiskinan selalu valid, mengingat angka kemiskinan dapat berubah setiap tahunnya. Hasil verifikasi dan validasi data terbaru menunjukkan terdapat lebih dari 671.423 keluarga yang masuk dalam DTKS.

Mustangin menegaskan bahwa pembaruan DTKS bertujuan untuk memastikan angka kemiskinan di Sumenep sesuai dengan kondisi nyata di lapangan.

Baca Juga: Faktor Geografis dan Minimnya Kesadaran Masyarakat, Perkembangan IKD di Sumenep Belum Signifikan

“Selain mendapatkan jumlah angka kemiskinan Sumenep secara akurat, pemutakhiran DTKS juga bertujuan memastikan penyaluran bantuan sosial tepat sasaran,” ujarnya.

Targetnya, pemadanan data ini harus selesai tahun ini.

Dengan langkah-langkah ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap dapat menyalurkan bantuan sosial secara lebih efektif dan akurat, sehingga program pengentasan kemiskinan dapat berjalan dengan lebih baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan