Mengenang Sang Proklamator, di Sumenep Akan Digelar Lomba Puisi dan Pidato Bung Karno, Ini Jadwal dan Syaratnya

oleh -2 views
Foto: Poster Lomba Puisi dan Pidato Bung Karno. (Foto: Istimewa)

SUMENEP, Sabtu (15/6) suaraindonesia-news.com – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menggelar lomba puisi dan pidato dalam rangka mengenang sosok Bung Karno. Lomba ini diharapkan dapat memupuk semangat nasionalisme di kalangan generasi muda Sumenep.

Lomba yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2024 mendatang ini akan di gelar di Pendopo Keraton Sumenep.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas generasi muda dalam bidang sastra dan public speaking.

Ketua IWO Sumenep, Imam Mustain, mengungkapkan bahwa lomba tersebut bukan hanya sebagai ajang kompetisi semata, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi terhadap warisan intelektual dan semangat kepemimpinan Bung Karno bagi bangsa Indonesia.

Selain itu kata dia, sebagai semangat juang dan nasionalisme di kalangan masyarakat, terutama para generasi masa depan yang saat ini masih menjadi siswa maupun mahasiswa.

“Kami ingin mengajak masyarakat Sumenep Khususnya para Kaula Muda untuk lebih mengenal dan menghargai perjuangan Bung Karno melalui seni dan literasi. Bung Karno bukan hanya seorang pemimpin, tetapi juga seorang orator ulung dan sastrawan yang karya-karyanya patut kita apresiasi,” ujarnya, Sabtu (15/06/2024).

Kata Imam, lomba ini juga dalam rangka memeriahkan Sumenep Calender of Event 2024.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan menginspirasi semangat cinta tanah air di kalangan pemuda-pemudi Sumenep,” tukasnya Imam.

Menurut Imam, Lomba Baca Puisi dan Pidato Si Bung ini terbuka untuk semua kalangan, dari pelajar hingga masyarakat umum.

Baca Juga: PPDB 2024, Disdik Sebut Sekolah di Sumenep Bisa Tampung 100 Ribu Siswa SD

“Saat lomba, setiap peserta akan menampilkan karya puisi yang berkisah tentang Bung Karno atau menyampaikan pidato yang pernah disampaikan oleh Sang Proklamator,” tutur Imam.

“Ada beberapa hadiah yang telah disiapkan panitia untuk para pemang lomba, diantaranya trofi, sertifikat, dan uang pembinaan,” imbuhnya.

Untuk pendaftaran peserta telah dibuka sejak minggu lalu, dengan batasan peserta maksimal 100 orang.

Informasi lebih lanjut, bisa dipantau melalui media sosial resmi IWO Sumenep atau bisa mengubungi WhatsApp (0819-1804-9154 & 0823-3170-O471).

Sementara itu, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo menyambut hangat inisiatif yang dilakukan IWO Sumenep tersebut.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idhul Adha, Harga Cabai Merah Besar Melambung Tinggi

Menurutnya, kegiatan ini tak hanya memeriahkan Sumenep Calender of Event di bulan Juni, tetapi upaya untuk menghidupkan kembali rasa nasioanilsime kepada bangsa dan tanah air, di hati masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Ikatan Wartawan Online Sumenep yang menyelenggarakan lomba baca puisi dan pidato ini. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mengenang dan meneruskan semangat perjuangan Bung Karno,” ungkapnya.

Bupati berharap, kegiatan ini tak hanya diadakan sekali, tetapi bisa terus dilanjutkan menjadi agenda rutin tahunan di bulan Juni.

Sebab, kata orang nomor satu di Sumenep itu, kegiatan tersebut bisa menjadi wadah untuk terus memupuk dan menginsipirasi bahkan mengedukasi masyarakat, tentang bagiamana perjuangan para pahlawan kemerdekaan, lalu melanjutkan kerja keras itu, sesuai keadaan masing-masing.

“Melalui lomba ini, semoga nilai-nilai kebangsaan dan semangat juang yang diwariskan oleh Bung Karno dapat terus hidup dalam setiap hati rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan