Mau Menggunakan Ambulance Desa ? Ini Alurnya

Kadinkes Jember, dr. Siti Nurul Qomariyah saat diwawancara media di ruang kerjanya, Senin (29/1). (Foto: Guntur Rahmatullah / Suara Indonesia News)

JEMBER, Selasa (30/1/2018) suaraindonesia-news.com – Masyarakat Jember masih banyak yang belum tahu bagaimana alur untuk menggunakan Ambulance Desa yang telah disediakan oleh Dinas Kesehatan Jember.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Jember, dr. Siti Nurul Qomariyah menjelaskan bahwa penggunaan Ambulance Desa, instruksinya terpusat di Jember Safety Center (JSC) yang berlokasi di Dinas Kesehatan. Oleh sebab itu, untuk menggunakan Ambulance Desa, masyarakat Jember diminta untuk menghubungi call center yang telah tertulis di badan Ambulance Desa tersebut.

“Pertama, menelepon call centre (0331) 425222 seperti yang tertera di badan mobil Ambulance Desa, lalu pihak JSC akan memutuskan tindakan apa yang akan diinstruksikan kepada petugas kesehatan yang terdekat,” terang Nurul di ruang kerjanya, Senin (29/1/2018).

Jadi tidak semua orang sakit harus dirujuk menggunakan Ambulance Desa, lanjut Nurul, bisa juga dilakukan pemeriksaan di lokasi atau di rumah yang bersangkutan oleh petugas kesehatan yang telah diintruksikan oleh JSC.

Baca Juga: Berikut Update Terkini Pengurusan Kelayakan Jalan Ambulance Desa Jember

“JSC menentukan langkah apa yang akan diberikan, apakah itu memerlukan tindakan kegawatdaruratan yang memerlukan transportasi, namun jika bisa ditangani di tempat maka petugas kesehatan akan terjun ke rumah warga,” tambahnya.

Penggunaan Ambulance Desa hanya diperuntukkan untuk membawa warga yang sakit dari Desa ke Puskesmas di Kecamatan, namun demikian, jika dibutuhkan lagi pengobatan yang intens dan harus dirujuk ke Rumah Sakit maka Ambulance Puskesmas yang akan mengantar.

“Jika di Puskesmas Induk tidak ada ambulance yang sedang standby, maka Ambulance Desa dapat digunakan lagi sampai Rumah Sakit,” tutur Nurul.

Selain itu, Nurul juga menegaskan bahwa penggunaan Ambulance Desa itu tidak dipungut biaya alias gratis.

“Semua telah dibiayai oleh Dinas Kesehatan, baik operasional, serta gaji supir dan tenaga kesehatannya,” tukasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here