Marcus Culey Juarai Etape 3 Tour d’Indonesia 2019

Marcus Culey (tengah) saat sesi konferensi pers. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Kamis (22/8/2019) suaraindonesia-news.com – Pebalap sepeda Marcus Culey menjuarai etape 3 Tour d’Indonesia 2019. Pebalap asal Australia tersebut menempuh etape 3 rute Batu-Jember sejauh 193 kilometer dalam 4 jam 15 menit 36 detik, Rabu (21/8) sore.

Culey finis pertama usai meninggalkan empat pebalap lain yang berada di grup terdepan. Jauhnya jarak dengan pebalap lain saat memasuki finis membuat Culey sempat melakukan aksi berjoget di atas sepeda tanpa khawatir bakal disusul para rival.

Menyusul di belakang Culey ada empat pebalap lain, yakni Rohan Du Ploy (ProTouch Cycling Team), Yudai Arashiro (Kinan Cycling Team) dari Jepang, Dylan McKenna (XSpeed United Continental), serta pebalap Olivers Real Food Racing Team yang memenangi etape pertama, Angus Lyons.

“Saya dan teman saya pernah membahas soal selebrasi itu. Saya sudah berjanji kalau menang akan melakukan selebrasi itu. Rute hari ini menurun sejak awal jadi breakaway sudah terjadi sejak awal. Dibanding etape ketiga ini, etape pertama lebih sulit. Tapi besok di etape keempat bakal jadi yang paling sulit,” ujar Culey.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Arismaya Parahita menyambut para pemenang di garis finis di Alun-alun Jember.

“Masyarakat Jember begitu antusias menyambut peserta,” kata Arismaya Parahita usai menyambut kedatangan para pebalap.

Dia merasa bangga dan senang Jember terpilih sebagai tuan rumah etape 3.

“Ada kurang lebih 300 orang tamu official maupun peserta yang sampai di Jember setelah sekian jam bersepeda,” terang Arismaya.

Pemerintah Kabupaten Jember, lanjutnya, mengupayakan dukungan kepada para official dan peserta untuk melepas lelah di Jember.

Salah satu dukungan itu dengan menggelar gala dinner di Pendopo Wahyawibawagraha pada malam harinya.

Sementara itu, Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Bagus menjelaskan etape 3 ini para pebalap mempunyai tantangan angin yang cukup kencang.

“Selain jaraknya terjauh, sepanjang perjalanan anginnya cukup kencang,” ujar Bagus.

Meski demikian, etape ketiga ini sangat menarik. Sebab, masyarakatnya terlihat antusias. Sepanjang memasuki Jember banyak penonton yang menyambut.

“Dilihat saat menjelang masuk ke Jember, pada tiga kilometer terakhir begitu padat, ramai antusiasme masyarakat mendukung kegiatan ini,” ungkapnya.

Bagus pun mengaku antusiasme penonton itu diharapkan oleh para peserta. Antusiasme itu adalah bentuk dukungan masyarakat.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here