Marak Kabar Penculikan Anak, Kornas TRCPA Minta Ortu Tetap Waspada Dan Jangan Panik

oleh
Naumi Supriyadi, Kornas TRC PA.

LUMAJANG, Rabu (19/2/2020) suaraindonesia-news.com – Marak pemberitaan aksi percobaan penculikan anak, Koordinator Nasional Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (Kornas TRC PA) Indonesia, Naumi Supriyadi, angkat bicara soal itu.

Naumi, panggilan akrabnya, kepada media ini menyampaikan kalau, pihaknya memahami keresahan orang tua akan berita aksi percobaan penculikan anak. Maka dari itu, Naumi berpesan untuk para orang tua tetap waspada.

“Waspada boleh, tapi jangan panik,” pesan Naumi, yang disampaikan lewat media ini via WhatsApp.

Ditegaskan oleh Naumi, bahwa orang tua jangan pernah percayakan anaknya ke pada orang lain.

“Kejadian ini telah masuk wilayah Jawa, walau sebelumnya tidak di wilayah Jawa kejadiannya,” bebernya.

Jika dikatakan hoax, kata Naumi sih tidak. Memang pernah ada percobaan tapi gagal, kan?

“Percobaan jangan kita katakan sekedar, jadi tetap waspada terhadap lingkungan sekitar, ada yang mencurigakan, laporkan,” ungkapnya.

Sedangkan dari sudut pandang kepolisian, Kapolres Lumajang AKBP Ade Wira Negara Siregar SIK, M. Si, juga ikut berkomentar terkait maraknya berita aksi penculikan di media sosial sepekan ini.

“Bahwa kegiatan patroli pada titik-titik rawan sudah 86,” ujar Kapolres kepada media ini.

Seperti kejadian di wilayah Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, menurut AKBP Ade Wira, hal itu masih sepihak, dan pihak kepolisian belum jelas kepastiannya.

“Himbauan kepada orang tua, dalam menyikapi hal ini, orang tua tidak usah panik,” tambahnya.

Mantan Kapolresta Blitar ini, menyampaikan kalau kuncinya sederhana saja, sebagai orang tua apabila bepergian anaknya jangan dilepas begitu saja, namun kita waspada dan tetap dalam pantauannya.

“Kalau bisa, orang tua selalu membiasakan memberikan bimbingan kepada anak-anak untuk tidak mudah percaya kepada orang tak dikenal,” tambahnya.

Yang jelas kata AKBP Ade Wira, para orang tua wajib meningkatkan kewaspadaan terhadap anak-anaknya yang masih dibawah umur.

“Jadi untuk anak-anak yang masih dibawah umur, untuk tidak percaya terhadap orang asing,” pungkasnya.

Para orang tua, sekali lagi pesan Kapolres, untuk tidak membiarkan anaknya berada di luar rumah, dan lebih meningkatkan kewaspadaannya.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *