Lomba Bercerita Arpus se-Abdya Diikuti 36 Siswa SD/MI

 Reporter: Nazli Md

Blangpidie-Abdya, Suaraindoensia-news.com – Sebanyak 36 siswa SD/MI di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti lomba bercerita yang dilaksanakan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten setempat. Rabu (18/05/2016).

Pada kegiatan yang dilaksanakan di halaman Arpus itu dibuka langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya, Yafrizal ikut dihadiri unsur Forkompinkab Abdya, sejumlah kepala SKPK dijajaran Pemkab Abdya serta undangan lainnya.

Yafrizal yang membacakan sambutan Bupati Abdya Jufri Hasanuddin mengungkapkan, membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan, baik itu bersifat formal maupun non formal yang harus di jaga dan ditingkatkan esensinya melalui berbagai upaya pembinaan dan pengembangan membaca.

“Pembudayaan kegemaran membaca filakukan melalui tiga jalur, seperti keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat,”baca Yafrizal.

Lebih lanjut disebutkannya, untuk menumbuhkan cinta pada budaya, lomba bercerita dapat melatih keberanian dan kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan ide serta gagasan,”Dengan adanya berbagai perlombaan bercerita dapat melatih anak didik,”sebutnya.

Diakui Yafrizal, minat baca di kalangan anak-anak bahkan kalangan masyarakat umum di Kabupaten Abdya memang masih sangat rendah yang diakibatkan berbagai aspek, salah satunya aspek utama antaranya perkembangan teknologi informasi yang kian pesat dari waktu kewaktu.

“Kemudian rendahnya motovasi dari kalangan orang tua serta kurangnya sarana prasarana khususnya buku-buku yang berkaitan dengan dunia anak-anak juga menjadi pemicu rendahnya tingkat membaca,” tegas Yafrizal.

Untuk itu, tegasnya, diharapkan kepada orang tua untuk berkewajiban mendampingi dan mendorong anak-anak untuk giat membaca dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan,”Peranan orang tua sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya minat baca dikalangan anak-anak,” tegasnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Arpus daerah Abdya, Abdya Ida Aryati mengatakan, kegiatan lomba bercerita yang merupakan program perpustakaan Nasional RI dalam rangka meriahkan rangkaian kegiatan penting.

“Muulai dari HUT perpustakaan nasional RI, hari kunjung perpustakaan dan bulan gambar membaca pada tahun 2016 sekaligus memperingati HUT Kabupaten Abdya yang ke 14,” sebut Ida.

Menurutnya, kegemaran membaca di tingkat SD dan MI tersebut untuk melestarikan aneka budaya daerah, serta membangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, budaya, seni, dan tutur bahasa dalam kerangka memperkokoh persatuan bangsa.

“Perpustakaan RI pada tahun 2016 ini melaksanakan lomba bercerita bagi siswa SD dan MI baik negeri maupun swasta tingkat nasional dengan mengangkat tema Menumbuh kembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, inovasi serta daya kompetitif bangsa,” sebut Ida singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here