LAPAN Kenalkan Teknologi Keantariksaan Kepada Warga Lumajang

LUMAJANG, Selasa (5/3/2019) suaraindonesia-news.com – Kegiatan sosialisasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) ini diprakarsai oleh Anggota Komisi VII DPR RI, Bambang Hariyadi SE, bertempat di Balai Desa Sumberejo, siang ini, yang dihadiri oleh ratusan warga Kabupaten Lumajang, Jatim.

Menurut politisi partai Gerindra ini, jika kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa di Indonesia.

“Khusus apapun yang ada diudara, itu terkaitan dengan LAPAN,” katanya kepada sejumlah warga dalam dialog interaktif.

Sementara itu menurut keterangan Kepala Pusat Teknologi Penerbangan – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Drs Gunawan Setyo Prabowo MT, bahwa pihaknya juga turut serta dalam mengurusi, kapan datangnya bulan suci ramadhan setiap tahunnya.

“LAPAN memang diminta untuk memantau dari antariksa, hadirnya bulan suci ramadhan setiap tahunnya. Dengan bantuan LAPAN, bisa ada kesepakatan atas hal tersebut,” terang Gunawan waktu memaparkan kepada para peserta.

Selain itu, LAPAN ini, kata Gunawan, terkait dengan teknologi, pihaknya bisa juga membuat roket dan satelit sendiri, hal yang sama dengan NASA nya di Amerika.

“Terkait dengan teknologi, LAPAN ada teknologi Drone Spray, yang berfungsi untuk semprot lahan pertanian, pemetaan lahan pertanian, menghitung jumlah komoditi pertanian skala nasional,” jelasnya.

Maka dari itu, kata Gunawan, diharapakan setiap kabupaten/kota menjadikan wilayahnya Smart City dan Smart Village.

“Agar di kota atau di desa bisa dibangun dengan teknologi robotik, dan masyarakat dengan menggunakan teknologi lainnya dalam kehidupan sehari-harinya,” paparnya.

Lapan itu NASA nya Indonesia. Pihak LAPAN menginginkan anak dari Kabupaten Lumajang menjadi penerus seperti dirinya.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here