Kasus Covid-19 Di Bangkalan Madura Melonjak, Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo Diperketat

oleh -19 views
Nampak Warga Pulau Mandilingan, Kabupaten Sampang, Madura yang akan ke Kota / Kabupaten Probolinggo melalui jalur laut, di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo diperiksa dan di Swab Antigen.

PROBOLINGGO, Kamis (10/6/2021) suaraindonesia-news.com – Antisipasi penyebaran Covid-19 di Kota dan Kabupaten Probolinggo penyekatan di pelabuhan Tanjung Tembaga diperketat. Untuk itu Pol Airud Polres Probolinggo bersama Instansi terkait di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo melakukan pengamanan dan pemeriksaan dengan melakukan Swab Antigen bagi warga pulau Madura yang akan ke Jawa Timur melalui jalur laut, khususnya ke Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Seperti yang terpantau di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo hari Kamis (10/6) siang. Sekitar 20 orang warga pulau Gili Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura yang menumpang kapal laut tradisional yang akan ke Probolinggo diamankan tim Penegakan Hukum Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo. Mereka semua di lakukan swab Antigen ditempat.

“Untuk mengantisipasi warga pulau Madura yang mau ke Jawa Timur melalui jalur laut, khususnya ke Kota dan Kabupaten Probolinggo kita melakukan patroli laut sambil memantau bilamana ada kapal yang terdeteksi dari pulau Madura kita amankan dulu, kita koordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk dilakukan pemeriksaan dengan Swab Antigen,” ujar Kasat Pol Airud Polres Probolinggo AKP SP Prayitno disela-sela kegiatan pemeriksaan warga Pulau Gili Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura yang akan ke Probolinggo melalui jalur laut di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, Kamis (10/6/21) siang.

Sementara itu Koordinator Penegakan Hukum (Gakum) Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, sebenarnya untuk wilayah Probolinggo dalam beberapa bulan terakhir ini kasus Covid-19 sudah landai, bahkan dirangking terakhir di wilayah Jawa Timur.

Tetapi yang di kuatirkan, kata Ugas Irwanto, di beberapa daerah terutama Matraman termasuk Bangkalan Madura yang beberapa hari ini kasus Covid-19 melonjak rangking tertinggi di Jawa Timur ini cukup di kuwatirkan. Karena ada jalur laut yang begitu mudah dilalui dari Pulau Madura ke Probolinggo.

“Karena lewat darat tidak bisa, di Suramadu dilakukan penyekatan dengan dilakukan Swab Antigen, ternyata banyak warga pulau Madura yang naik perahu tradisional. Nah ini yang kita antisipasi,” kata Ugas sapaan akrabnya.

Ia jelaskan, bahwa penyekatan dengan Swab Antigen tidak hanya dilakukan di pelabuhan Mayangan Probolinggo saja tetapi juga di Kalibuntu Kraksaan.

Menurut Ugas, diperketat penyekatan ini Gakum penganan Covid-19 tidak mau kecolongan adanya warga dari pulau Madura yang membawa virus dan berharap tidak ada hal-hal yang mengkuatirkan. Sehingga warga yang dari pulau Madura setelah dilakukan pemeriksaan benar-benar negatif.

“Perketat penyekatan ini sudah mulai kemarin kita lakukan, sementara ini tidak ada temuan. Tapi tim Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo tidak hanya melakukan penyekatan di pelabuhan saja. Akan tetapi ditempat-tempat wisata dan pasar juga akan diperkuat. Dan bilamana ada yang terpapar akan di isolasi di beberapa lokasi,” tandas Ugas.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *