Kampung Durian Pakis, Destinasi Wisata Baru Untuk Para Penggila Durian

Bupati Jember memetik durian langsung dari pohonnya. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Kamis (21/3/2019) suaraindonesia-news.com – Dijuluki raja dari segala buah, kenikmatan durian memang selalu menjadi incaran para penikmatnya.

Bagi para penggila durian, kini tak perlu khawatir lagi ketika berkunjung ke Jember, karena di kota ini sudah diresmikan Kampung Durian, lokasinya di Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Desa Pakis dipilih menjadi wisata kampung durian karena di sini orang lokal banyak yang menanam pohon durian. Menurut data dari Perum Perhutani KPH Jember, terdapat 7000 pohon durian di sini yang dikelola langsung oleh warga setempat.

Saat memasuki kampung durian, kamu bakal merasakan dinginnya rerimbunan hutan yang asri, air sungai yang jernih dan tentunya tak lengkap rasanya jika kesini tidak memborong durian.

Di sini kamu bisa langsung membeli durian ke warga setempat, dan yang pasti dapat harga yang lebih murah karena tanpa tengkulak.

“Desa Pakis ini memang punya keunggulan, sekampung ini isinya durian semua. Semua (warga) punya pohon durian, semua menanam durian,” ucap Bupati Jember, Faida pada sambutan acara peresmian kampung durian, Kamis (21/3/2019) pagi.

Bupati Faida kemudian meminta kepada masyarakat untuk merawat kekayaan lokal ini dengan baik.

“Ketika orang ingat Desa Pakis, maka ingat durian nah itu sudah bisa dikatakan sukses,” pintanya.

Suasana launching kampung durian. (Foto : Humas Pemkab Jember)

Di sini tak hanya durian saja, pengunjung juga dapat menikmati wisata air juga air terjun rengganis yang masih satu lokasi dengan kampung durian.

“Orang ke sini berwisata air, sekaligus makan durian, nanti kita tambah wisata edukasi mengenai durian mulai dari persemaian sampai ke pengolahan durian,” kata Kepala Perum Perhutani KPH Jember, Rukman Supriatna.

Saat ini kampung durian belum dikenakan biaya apapun, lanjut Rukman, karena belum ada kesepakatan dengan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan).

“Nanti kalau sudah berkoordinasi akan ada tiket masuk dimana pengunjung bisa menikmati wisata air, menikmati durian juga air terjun rengganis jadi satu paket, ke depan juga kami percantik dengan spot selfi di sini,” pungkasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here