Kadinkes Jember Jelaskan Heatstroke dan Pencegahannya Kepada Calon Jamaah Haji

Suasana acara Bimbingan Manasik Haji Pertama Tingkat Kabupaten di Aula Gedung Serbaguna GOR Kaliwates Jember, Selasa (11/7). Foto : Guntur Rahmatullah/SI

JEMBER, Selasa (11 Juli 2017) suaraindonesia-news.com – Tingginya cuaca panas di Saudi Arabia dapat menjadi pemicu terjadinya Heatstroke kepada Para Calon Jamaah Haji Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember, Siti Nurul Qomariyah menjelaskan apa itu Heatstroke.

“Heatstroke adalah kondisi dimana suhu tubuh dapat mencapai lebih dari 40°C atau lebih,” terang Nurul saat memberikan penyuluhan kesehatan kepada Para Calon Jama’ah Haji, dalam acara Bimbingan Manasik Haji Pertama Tingkat Kabupaten di Aula Gedung Serbaguna GOR Kaliwates Jember, Selasa (11/7).

Ia menyarankan kepada para calon jam’ah haji untuk memperbanyak minum air minimal 2 liter sehari, juga tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan disana.

“Ibadah Haji merupakan Ibadah fisik, kita harus juga berhati-hati dalam mengkonsumsi dalam makanan, apalagi yang gak pernah makan macam-macam lalu membeli makan dengan menu yang ada disana dimana berprotein tinggi, nanti tensi bisa naik,” himbau Nurul.

Dalam acara penyuluhan Para Calon Jama’ah Haji, Dinkes Jember juga memberikan pengetahuan tentang kesehatan, mengklasifikasikan rekam kesehatan (health record) masing-masing jama’ah menjadi dua macam yaitu Resiko Tinggi (Resti) dan Resiko Rendah (RR).

“Dengan data itulah nantinya Kementerian Kesehatan Pusat dalam memantau secara maksimal kondisi kesehatan pada masing-masing Jama’ah Haji asal Indonesia,” tukasnya. (Guntur Rahmatullah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here