Jumlah Laka Lantas di Probolinggo Kota Menurun Selama PPKM

oleh -350 views
Foto : Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni.

PROBOLINGGO, Selasa (7/9/2021) suarainodonesia-news.com – Arus lalu lintas yang menurun di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menyebabkan jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Probolinggo Kota, Provinsi Jawa Timur mengalami penurunan.

Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP Roni, menyampaikan, berdasarkan data, sebelum diberlakukannya PPKM, kasus laka lantas rata-rata mencapai 50 persen setiap bulan. Namun, dengan adanya PPKM, rata-rata selama kurun waktu 1-2 bulan terakhir hanya ada 12-13 kasus yang ditangani unit Laka Lantas Polres setempat.

Menurutnya, adanya PPKM selama 2 bulan terakhir ini jumlah kasus Laka Lantas diwilayah Probolinggo Kota menurun.

“Sebelum PPKM rata-rata setiap bulan kasus LP Laka Lantas bisa mencapai 50 kasus, setelah adanya PPKM dua bulan terakhir ini rata rata hanya 12 – 13 LP kasus Laka Lantas yang kita tangani,” jelas AKP Roni, Selasa (7/9/2021).

AKP Roni mengatakan, tidak hanya kasus Laka lantas saja yang menurun, jumlah korban meninggal akibat laka lantas dan kasus pelanggaran lalu lintas di jalan raya juga menurun.

Kendati demikian, AKP Roni tetap menghimbau masyarakat, walaupun sekarang wilayah Probolinggo Kota kasus Covid-19 dari level 4 sudah turun ke Level 3, masyarakat tetap harus disiplin mengedepankan prokes dalam beraktifitas sehari hari dan tetap safety dalam beretika lalu lintas.

“Walaupun kasus Covid-19 di wilayah Probolinggo Kota dari level 4 turun ke level 3 dan kasus lakalantas dan kasus pelanggaran lalulintas menurun, masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari tetap harus prokes dan safety dalam berlalulintas,” tegas Roni sapaan akrabnya.

Dia pun berpesan kepada masyarakat, dengan adanya penurunan level ini tetap lakukan safety diri, bagaimana keamanan untuk diri sendiri (sebagai polisi bagi dirinya sendiri). Bagaimanapun juga, ketertiban berlalu-lintas tetap harus dijaga.

“Masyarakat harus tetap melaksanakan prokes dengan baik, karena masih level 3, jangan sampai meningkat kembali. Mari kita jaga bersama dengan masyarakat, dengan aparat yang ada sehingga kondisi Probolinggo kota tetap stabil, kasus Covid-19 bisa turun ke level 2 hingga ke level 1,” pesannya.

“Jangan setelah nanti PPKM dilonggarkan karena kasus Covid-19 menurun terus masyarakat mengabaikan prokes, dan dalam beretika lalulintas juga seenaknya,” imbuhnya menegaskan.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Moh Hasanuddin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan