Isu Strategis Menuju Indonesia Emas Mengemuka pada Musrenbang Kabupaten Pati

oleh -28 views
Foto: Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Pati 2024.

PATI, Kamis (18/04/2024) suaraindonesia-news.com – Berbagai isu strategis dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045, mengemuka pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Pati 2024.

Musrenbang dengan tema Ayo Rembugan Bareng itu, berlangsung di pendopo kabupaten setempat, Kamis (18/04/24), diikuti Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa, serta perwakilan organisasi kemasyarakatan.

Dalam forum musyawarah tersebut, disampaikan beberapa rencana kerja Pemkab Pati, yang terangkum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Adapun isu strategis yang diangkat untuk Pati yang lebih baik dalam rangka menuju Indonesia Emas, antara lain berkaitan isu kualitas lingkungan hidup, ekonomi dan infrastruktur.

“Ini adalah bagian partisipasi untuk mendistribusikan bersama RPJMD tahun 2025-2045 dan RKPD tahun 2025. Tentunya penyusunan ini bagian dukungan Indonesia Emas 2045”, kata Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, dalam sambutan.

Menurutnya, isu strategis tersebut menjadi agenda kedepan yang harus dikerjakan, sehingga Pati menjadi wilayah yang mampu bersaing ditingkat Jawa Tengah maupun nasional.

Baca Juga: Dugaan Kongkalikong Agen dan Pangkalan Ditengah Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kilogram

“Saat ini masih ada beberapa tantangan yang harus disikapi oleh Pemkab Pati dalam rangka melaksanakan pembangunan daerah”, tambahnya.

Yakni, mulai dari pembangunan yang terintegrasi, kemitraan pembangunan melibatkan masyarakat, pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi, optimalisasi sumber daya air (SDA) untuk ketahanan pangan, serta pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Tentunya dengan melaksanakan kelima program tersebut, kita bisa menjadikan Kabupaten Pati yang lebih unggul dan berdaya saing. Serta mewujudkan cita – cita Indonesia Emas tahun 2045”, tandas Henggar.

Reporter : Usman
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan