Ini Alur Layanan Pendaftaran Online ATR/BPN Kota Bogor Dan Pengaduan Online

oleh
Kepala ATR/BPN Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh (kanan) saat diruangan operator pelayanan dan pengaduan beberapa waktu yang lalu.

BOGOR, Kamis (26/03/2020) suaraindonesia-news.com – Merebaknya wabah virus korona yang menyebabkan penyakit Covid-19 di berbagai negara, termasuk Indonesia, menyebabkan beberapa perusahaan, perkantoran termasuk Kantor ATR/ BPN Kota Bogor, membuat berbagai kebijakan strategis. Salah satunya adalah bekerja di rumah dan melayani masyarakat secara online.

Kepala ATR/BPN Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh saat dihubungi suaraindonesia-news.com menyampaikan bahwa, ATR/BPN Kota Bogor sedang melakukan Work From Home (WFH). Berkaitan dengan layanan yang sudah selesai akan dilayani setelah masa tenggang berakhir.

“Berkaitan layanan lainnya, dipersilahkan melalui online, Layanan Pengaduan Simpanah dan melalui email: kot-bogor@atrbpn.go.id,” ungkapnya, Kamis (26/03).

Menurutnya, pada masa WFH ini, sudah ada alur layanan pendaftaran online di kantornya.

Langkah pertama yang harus dilakukan pemohon kata Ery, pemohon terlebih dahulu melakukan scan dokumen yang lengkap sesuai dengan ketentuan, setelah itu, dokumen yang telah di scan beserta nama, alamat, nomor handphone, kemudian dikirim ke alamat kot-bogor@atrbpn.go.id.

Nanti kata Ery, petugas membuka email kemudian memeriksa berkas yang akan di entry dari rumah, jika berkas tidak lengkap maka akan dihubungi melalui email, nomor handphone, untuk segera dilengkapi.

Untuk berkas yang sudah lengkap sambung Ery, petugas meng entry berkas, yang sudah lengkap ke aplikasi KKP dan melakukan validasi dokumen di loket online dari rumah. Setelah itu petugas mengirim Surat Perintah Setor (SPS) kepada pemohon untuk segera membayarkan PNBP melalui ATM/EDC/Bank/M-Banking/Kantor Pos dll.

Ditambahkan Ery, setelah tahapan di atas selesai, pemohon membayar SPS paling lambat 3 hari setelah menerima SPS, kemudian mengirimkan bukti pembayaran kepada petugas melalui email dan petugas akan melanjutkan entry berkas di aplikasi KKP.

Langkah selanjutnya kata Ery, berkas fisik dan bukti pembayaran agar dimasukkan kedalam Map plastik (kedap udara) dan penyerahan berkas fisik akan dijadwalkan oleh petugas loket melalui nomor handphon/email/pemohon setelah masa tenggang berakhir.

Berkaitan dengan layanan yang sudah selesai, akan dilayani setelah masa tenggang berakhir sampai tanggal 5 April atau dapat diperpanjang sesuai dengan kebijakan pemerintah ungkap Ery.

Selain itu kata Ery, untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan dan persoalan pertanahan, ATR/BpN Kota Bogor sudah menyiapkan aplikasi simpanah.

“Bisa di download di google play store dengan memasukkan kata kunci SIMPANAH,” tuturnya.

Lanjut Ery, simpanah akan menjawab, menanggapi dan memberikan jawaban/solusi dari berbagai keluhan/ pertanyaan masuk melalui portal, twetter dan WhatsApp.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *