Gelar Sarasehan Budaya Madura Pada Pekan KIM Jatim Ke-VII

oleh -176 views

Gelar Sarasehan Budaya Madura Pada Pekan KIM Jatim Ke-VII

Sumenep, suaraindonesia-news.com – Salah satu yang dikagumi dan menjadi kebanggaan masyarakat Madura khususnya Sumenep, dimana generasi muda dan pelajar tidak pernah ada tawuran antar pelajar. Hal itu menunjukkan pelajar di Sumenep sudah memiliki sopan santun, tahu tatakrama dan budi pekerti serta memiliki karakter, seperti yang dicanangkan Kemendikbud.

Hal tersebut diungkapkan budayawan dan penyair asal Sumenep, D. Zawawi Imron di hadapan peserta Sarasehan Budaya Madura dengan tema “Melejitkan Potensi Generasi Muda Madura Berlandaskan Budaya Lokal” yang didaksanakan dalam rangkaian kegiatan Pekan KIM Ke-VII Jawa Timur tahun 2013 di Graha Serbaguna Adipoday Sumenep, Rabu (24/04) lalu.

“Jadi sebelum dicanangkan oleh Kemendikbud pemuda Sumenep sudah memiliki karakter dan itu harus terus diajarkan kepada adik-adiknya nanti.”ujarnya.

Menurut Zawari Imron, Budaya bukan hanya kesenian saja, namun ada kata budi ada daya. Budi adalah tatakrama, kesatuan dan persaudaraan, rendah hati dan sebagainya. Sedang daya bisa merupakan tehnologi. Dan itu sudah dimiliki oleh orang Sumenep sejak jaman dulu hingga saat ini harus terus dipertahankan.

Penyair yang dikenal dengan puisi Celurit Emasnya ini menunjukkan kegigihan dan keuletan masyarakat Maadura bisa sudah sering dilontarkan dengan istilah Abantal ombak Asapok angin. Bahkan ditambah dengan istilah dalam religi “Abantal sahadat, Asapok iman dan apajung Rahmatta Allah.”

“Saya berpesan kepada generasi muda khususnya para pelajar di Sumenep ini agar memiliki semangat dan terus berusaha untuk menjadi orang sukses serta dibarengi dengan berdoa. Sehingga ada keseimbangan dunia dan akhiratnya.”tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Drs. Bambang Iriyanto, M.Si yang membuka kegiatan tersebut berharap melalui sarasehan Budaya Madura tersebut menjadi titik awal generasi muda untuk mencintai budaya lokal.

Sementara kegiatan sarasehan budaya Madura tersebut disamping diikuti para pelajar SMA se Kabupaten Sumenep juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, Drs. H. Koesman Hadie, M.Si.

 

Reporter : Ren

Tinggalkan Balasan