Gelar Operasi Lilin Mahakam 2020, Polda Kaltim Libatkan 3.642 Personel Gabungan

oleh -474 views
Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Herry Rudolf Nahak memberikan tanda kepada salah satu anggota Polantas yang terlibat dalam Operasi Lilin Mahakam 2020.

BALIKPAPAN, Senin (20/12/2020) suaraindonesia-news.com – Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Herry Rudolf Nahak memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2020 di Lapangan SPN Polda Kaltim, Stalkuda Balikpapan, Senin, 21/12/2020. Tujuan Operasi ini untuk pengamanan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Herry Rudolf Nahak menyampaikan, Operasi Lilin merupakan operasi terpusat yang digelar mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

“Dalam pelaksanaan Operasi Lilin ini, Polda Kaltim menerjunkan sebanyak 3.642 personel gabungan dengan rincian 1.990 personel dari Polri, 304 personel TNI, dan 1.348 personel dari Instansi terkait lainnya”, ujar Kapolda Kaltim.

Personel tersebut, kata Kapolda, akan ditempatkan di 96 Pos Pengamanan, yakni 28 Pos Pengamanan untuk pencegahan terkait gangguan Kamtibmas, 28 Pos Pelayanan, dan 48 Pos Terpadu.

“Operasi ini bersifat terbuka dalam upaya pemeliharaan keamanan, yang mengedepankan kegiatan pencegahan, dengan didukung deteksi dini dan penegakan hukum”, terangnya.

Kapolda Kaltim menambahkan, sasaran utama dari operasi ini adalah mewujudkan Kamtibmas yang kondusif dalam rangkaian Ibadah Natal dan Tahun Baru, menurunkan jumlah fatalitas korban mecelakaan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dalam pelaksanaan Operasi Lilin dilapangan, nantinya akan mengutamakan upaya preemtif dan preventif, yang tentunya tetap mengedapankan sisi humanis, agar Natal dan Tahun Baru bisa dilaksanakan lebih aman dan lancar”, ungkapnya.

Kapolda Kaltim juga mengintruksikan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini agar lebih mewaspadai penyebaran Covid-19.

“Jangan sampai Natal dan Tahun Baru menciptakan klaster baru penyebaran Covid-19”, ujarnya.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga membuat kita cenderung lengah dan lalai, serta kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi dimasa pandemi Covid-19, maka kita lebih peduli dan tetap waspada dalam menghadapi berbagai potensi ancaman, baik itu terhadap Kamtibmas, maupun ancaman Covid-19”, tandasnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *