Dorong Kemajuan UMKM dan Kreativitas Anak, Pemkab Sumenep Gelar Festival Drumband Pelajar

oleh -4 views
Foto: Festival Drumband Pelajar 2024 di Sumenep yang diikuti sekitar 30 peserta, meliputi jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA.

SUMENEP, Senin (24/06) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, kembali menggelar rangkaian acara dalam Calendar of Events Sumenep 2024 dengan menyelenggarakan Festival Drumband Pelajar.

Acara ini berhasil menarik perhatian masyarakat dan turut mendorong kemajuan usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Festival Drumband Pelajar 2024, yang mengusung konsep pentahelix, merupakan bagian dari perayaan HUT ke-78 Bhayangkara. Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep, Mohammad Iksan, menyatakan bahwa acara ini dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan sebagai bagian dari serangkaian kegiatan sepanjang tahun 2024.

“Kami hanya bertindak sebagai koordinator dari seluruh event di tahun 2024. Untuk pengampunya adalah OPD dari Disdik sehingga koordinasinya dengan Disdik,” jelas Iksan.

Acara ini diikuti oleh sekitar 31 tim drumband dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MA.

Peserta festival memulai parade dari Pendopo Agung Keraton (Labang Mesem) Sumenep dan finis di Mapolres setempat. Festival ini juga menghadirkan penampilan bintang tamu dari SDN Pandian I.

Baca Juga: Gelar Festival Drumband Pelajar 2024, Disdik Sumenep Sebut Sebagai Tempat Tingkatkan Bakat dan Kreativitas Atlet

Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah, mengapresiasi acara ini dan menekankan pentingnya dukungan bersama untuk kegiatan positif semacam ini.

“Kegiatan ekstrakurikuler seperti drumband mengajarkan anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang positif, kedisiplinan, dan kekompakan,” ucapnya saat membuka acara.

Wabup yang akrab disapa Nyi Eva itu juga mengapresiasi kerja keras para pelatih dalam membina siswa-siswi sehingga mampu menampilkan harmoni musik yang indah. Ia berharap Festival Drumband Pelajar ini dapat menjadi acara tahunan yang terus diselenggarakan.

“Festival Drumband Pelajar Sumenep 2024 bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga menjadi wadah silaturahmi antar sekolah dan sarana pengembangan kreativitas bagi anak-anak,” uang Wabup.

Keberhasilan acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan