Gelar Festival Drumband Pelajar 2024, Disdik Sumenep Sebut Sebagai Tempat Tingkatkan Bakat dan Kreativitas Atlet

oleh -9 views
Foto : Sejumlah peserta Festival Drumband Pelajar 2024 saat menampilkan penampilannya.

SUMENEP, Senin (24/06) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep Melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Festival Drumband Pelajar 2024 dan sukses menarik perhatian masyarakat serta mendorong memajukan UMKM.

Diketahui, kegiatan ini berkolaborasi dengan pengurus cabang Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) dan Polres setempat, yang dibuka di depan Keraton Pendopo Agung Keraton (Labang Mesem) Sumenep.

Selain dalam rangka semarak HUT ke-78 Bhayangkara hal ini merupakan Rangkaian Calender Of Event Sumenep 2024 dengan konsep pentahelix.

Kegiatan dimulai start di depan Pendopo Agung Keraton (Labang Mesem) hingga finish di Mapolres Sumenep.

Hadir pada pembukaan Festival Drumband Pelajar 2024 ini, di antaranya Kepala Disbudporapar, Moh. Iksan, Sekda Edy Rasyadi, Kapolres AKBP Henri Noveri Santoso, dan jajaran OPD serta Forkopimda setempat.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Sumenep Intensifkan Program Pengentasan Kemiskinan

Untuk Peserta Festival Drumband Pelajar 2024 Ada sekitar 30 peserta meliputi jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA sederajat dangn satu penambahan sebagai bintang tamu manjadi 40 peserta.

Masing-masing terdiri dari 40 siswa-siswi terdiri dari 23 jenjang SD/MI, 6 jenjang SMP/MTs, dan 1 jenjang SMA/SMK/MA.

Bintang tamu ini yakni dari SDN Pandian I yang akan mewakili Kabupaten Sumenep dalam Kejurprov Jawa Timur pada 30 Juni 2024 di Kabupaten Lamongan mendatang.

Dalam Festival Drumband Pelajar 2024 para pemenang terdiri dari juara I, II, III, harapan I, II, III, Mayoret terbaik, dan Gitapati terbaik yang masing-masing nantinya akan mendapatkan sertifikat serta piala.

Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan diharapkan setiap persatuan drumband yang ada di satuan pendidikan Kabupaten Sumenep bisa ikut berpatisipasi.

“Tentunya dengan adanya acara inj dapat menyalurkan bakat dan kreativitas atlet drumband, baik secara perorangan atau tim,” katanya. Senin (24/6/2024).

Menurut Agus Festival kali ini untuk memeriahkan agenda rutin Calender Of Event Sumenep 2024 dan memberdayakan giat PDBI jenjang TK hingga SMA sederajat.

Baca Juga: Faktor Geografis dan Minimnya Kesadaran Masyarakat, Perkembangan IKD di Sumenep Belum Signifikan

Lebih lanjut pihaknya berpesan untuk para pegiat atau pelatih harus bisa memasyarakatkan dan memajukan cabang olahraga drumband khususnya para pelajar di wilayah Kabupaten Sumenep.

“Sehingga nantinya membentuk karakter generasi muda dan menjunjung tinggi budaya serta olahraga,” tutur Agus.

Ditempat yang sama Wabup Dewi Khalifah berharap, Festival Drumband Pelajar 2024 dapat menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Sumenep, termasuk salah satunya yang akan berangkat ke Jawa Timur dari SDN Pandian I.

“Mudah-mudahan nanti bisa membawa nama harum Kabupaten Sumenep,” kata Wabup Dewi Khalifah.

Ia juga mengajak dari semua pihak baik orang tua untuk memberikan support dan doanya kepada putra-putrinya yang akan ikut meramaikan acara dan ikut menjadi anggota drumband.

Selain itu ia juga mengajak masyarakat dan para orang tua wali murid untuk ikut belanja di bazar UMKM

“Tak lupa saya ucapkan juga terima kasih kepada PDBI, mudah-mudahan ini akan menjadi pengembangan ekonomi produktif Kabupaten Sumenep dengan majunya UMKM,” pungkasnya.

Reporter : Ari
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan