Diskusi Jelang Pilkada Pamekasan, Ketua P4TM: Jaga Kekompakan Jangan Sampai Pecah Belah Gara-gara Politik

oleh -16 views
Foto: Ketua P4TM H Khairul Umam bersama PJ Bupati Pamekasan Masrukin saat di wawancarai awak media di acara Diskusi Jelang Pilkada Pamekasan.

PAMEKASAN, Minggu (23/06) suaraindonesia-news.com – Ketua Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM), Khairul Umam mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga kondusifitas, jangan sampai terpecah belah gara-gara politik jelang Pilkada Pamekasan 2024.

Menurut pria yang akrab di sapa Haji Her, politik itu bukan memecah belah dan menimbulkan pertikaian di tengah-tengah masyarakat. Politik seharusnya dibangun dengan kebersamaan dan kekompakan.

“Saya tidak mengerti apa politik. Tapi politik seharusnya mendamaikan, bukan memecah belah,” kata H. Her saat mengahadiri acara diskusi dan dengar aspirasi, ngopi bareng rakyat Pamekasan bersama para tokoh masyarakat, tokoh politik, tokoh agama, Ormas media massa dan LSM ini diharapkan di Hotel Odaita, Ahad (23/6/2024).

Haji Her juga mengajak seluruh elemin masyarakat untuk menjaga kekompakan, karena dirinya ingat pesan gurunya KH. Thoha Jamaluddin pendiri Pondok Pesantren Sumber Gayam Kadur, agar sesama saudara jangan bertengkar karena perbedaan.

Baca Juga: Koramil 0826-01 Pamekasan Bangun Rumah Layak Huni untuk Warga Kurang Mampu

“Jangan bertengkar kalau sesama saudara karena yang menang atau kalah sama-sama salah dan rugi,” paparnya.

Menurut H. Her siap bersama-sama dengan para ulama. Meskipun misalnya ada ulama yang tidak setuju dengan salah satu calon, namun dirinya tidak akan lelah untuk menyatukan mereka.

“Saya akan terus berjuang bersama dengan para ulama, agar terjadi kekompakan. Saya tidak ingin ada pertikaian karena pertikaian itu tidak diajarkan oleh Rasulullah,” ungkapnya.

H. Her hingga jari ini belum menyatakan sikap politiknya bahwa mendukung salah satu calon.

Sementara Pj Bupati Pamekasan Masrukin dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan ngopi bareng ini merupakan suatu hal yang penting dilakukan, mengingat dalam waktu dekat akan dilangsungkan pemilu kada 2024.

“Pertemuan ini sangat penting dalam rangka saling keterbukaan dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan pemilu kada 2924).

Keterlibatan semua pihak sangatlah baik apalagi keterlibatan kepala desa, karena yang bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah kepala desa.

“Kepala desa mempunyai peran penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, dalam rangka kondusifitas di wilayah terkecil,” ujarnya.

Bahkan, Pj Bupati Pamekasan Masrukin mengapresiasi keterlaksanaamnya kegiatan ini atas dukungan dari PT Bawang Mas.

“KPU, Bawaslu dan pengamanan sudah mendapatkan anggaran hibah dari Kemendagri,” tuturnya.

Masrukin juga menegaskan, peran media tidak kalah penting dalam tugasnya memberikan informasi kepada masyarakat terkait jalannya Pilkada 2024.

“Saya pastikan Birokrasi netral dalam pelaksanaan Pemilukada 2024,” tegasnya.

Reporter: May
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan