Dinas Pendidikan Sumenep Selenggarakan Olimpiade MIPA 2019 tingkat SD

SUMENEP, Kamis (14/03/2019) suaraindonesia-news.com — Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyelenggarakan Olimpiade Sain Nasional (OSN) mata pelajaran Matematika dan IPA (MIPA) 2019.

Lomba Olimpiade Sain Nasional akan berlangsung mulai tanggal 14 – 15 Maret 2019, ajang tahunan itu diikuti oleh seluruh sekolah dasar (SD) dan yang sederajat se-kabupaten Sumenep.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Mohammad Saidi, mengatakan peserta lomba OSN tahun 2019 ini berjumlah 150 siswa/i, yang diantaranya 75 dari mata pelajaran (mapel) Matematika, 75 mapel IPA. Yang merupakan juara 3 besar di masing masing Kecamatan, dan tiga terbaik itu selanjutnya mengikuti seleksi tingkat Kabupaten.

“Dengan jumlah peserta sebanyak 150, masing masing mapel akan diambil 3 peserta terbaik dan 3 harapan, tapi dalam rangka pembinaan maka akan diambil 15 peserta terbaik dengan jumlah semuanya ialah 30 peserta dari dua mapel tersebut, dari peserta terbaik itu akan digodok lagi dan akan diambil 3 peserta terbaik dari masing masing mapel untuk diikutkan ke tingkat Provinsi,” terangnya, Kamis (14/3/2019).

Untuk soal yang disajikan dalam lomba OSN kali ini, lanjut Saidi, dibuat oleh Dinas Pendidikan setempat mengacu pada kisi kisi dari kemeterian. Dalam soal tersebut terdiri dari multiple choice dan isian. Kemudian experimen dan explorasi.

Mantan dosen STKIP PGRI Sumenep itu menargetkan, olimpiade tahun ini masuk Nasional Paling tidak Juara 2 nasional, karena tahun lalu Kabupaten Sumenep sudah meraih juara 3 di tingkat Nasional, kategori SD sederajat.

“Tahun 2018 kita sudah mendapatkan piala perunggu, kita masuk nominasi juara 3 nasional. Tahun ini tsrger kami paling tidak juara 2,” pungkas Saidi.

Reporter : Suhalis
Editor : Agira
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here