Di momentum Hari Lahir Pancasila, Kepala Bappeda Sumenep Tekankan Paham Pancasila

oleh -1 views
Foto: Kepala Bappeda Sumenep, Arif Firmanto.

SUMENEP, Sabtu (1/6) suaraindonesia-news.com – Di momentum Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Kepala Bappeda Sumenep, Arif Firmanto, mengajak seluruh komponen untuk melakukan refleksi.

Pria yang akrab disapa Arif itu mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, agar bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui refleksi Hari Lahir Pancasila yang diperingati kembali pada tanggal 1 Juni 2024.

Dia menjelaskan, bahwa setiap tanggal 1 Juni diperingati Hari Lahir Pancasila. Di mana kala itu Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya di tahun 1945 dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Baca Juga: BEMSU Desak Pemkab Sumenep Tangani Kemiskinan, Begini Respon Bupati Fauzi

Arif Firmanto mengakui, bahwa Pancasila memiliki nilai-nilai luhur. Salah satu nilai dalam pancasila terbukti mampu menyatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama.

“Di dalam pancasila terkandung juga nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong,” kata Arif, Sabtu (1/6).

Lebih lanjut arif mengatakan, dengan lahirnya Pancasila ini mampu menyatukan rumah besar dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah.

“Itulah mengapa saat ini Indonesia tetap kokoh sebagai bangsa besar,” ucap Arif.

Arif berharap, nilai-nilai dalam pancasila dapat terus dibumikan agar perkembangan teknologi yang begitu pesatnya tidak membuat anak-anak bangsa mengalami disorientasi di masa depan.

“Dalam momentum ini, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk sama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini,” pungkasnya.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan