Bagini Cara Nur Hayat Pemuda Sekaligus Aktivis Sumenep Memaknai Hari Lahir Pancasila

oleh -74 views
Foto : Nur Hayat, Pemud Sekaligus Aktivis Sumenep.

SUMENEP, Sabtu (01/06) suaraindonesia-news.com – Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, yang jatuh pada hari Sabtu (1/6/2024), Nur Hayat atau yang dikenal cak Hayat sebagai aktivis dan pemuda Sumenep memaknai harlah Pancasila sebagai bagian dari upaya untuk memajukan bangsa dan negara khususnya bagi generasi Z.

Pancasila sendiri merupakan dasar negara Indonesia yang menjadi pedoman bagi seluruh kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Nur Hayat yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum PC PMII Sumenep 2022-2023 mengatakan, sebagai generasi Z mempunyai peranan penting, dalam memaknai Pancasila bukan hanya sekedar sebuah simbol, namun juga merupakan landasan yang kokoh untuk mencapai kemajuan dan persatuan bangsa.

“Kita sebagai generasi Z, memiliki peran yang penting dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu nilai Pancasila yang harus kita junjung tinggi adalah gotong royong,” katanya.

Menurutnya, Gotong royong merupakan semangat saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dengan menerapkan nilai gotong royong, kita dapat menciptakan kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu dalam bidang pendidikan, ekonomi, maupun sosial.

Selain gotong royong, juga terdapat nilai-nilai lain dari Pancasila seperti persatuan, keadilan, demokrasi, dan ketuhanan juga harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari generasi Z. Persatuan bangsa merupakan pondasi utama dalam membangun negara yang kuat dan maju.

“Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, kita dapat menciptakan kesatuan dan kebersamaan yang kuat di tengah perbedaan dan keragaman yang ada,” ucapnya.

Tidak sampai disitu, Hayat juga menjelaskan masa depan Kemajuan bangsa Indonesia tidak akan tercapai tanpa kesadaran dan kepedulian generasi Z terhadap nilai-nilai Pancasila dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan memaknai hari Pancasila merupakan momentum untuk merenungkan dan menguatkan komitmen kita terhadap nilai-nilai luhur tersebut, kita dapat menjadi agen perubahan yang membawa Indonesia menuju kemajuan yang lebih baik,” tuturnya.

Gerasi Z, menurutnya memiliki potensi dan energi yang besar untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang maju, adil, dan sejahtera. Dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila dalam setiap langkah dan tindakan.

Baca Juga: Upacara Hari Lahir Pancasila, Kota Bogor Siap Dukung Indonesia Emas 2045

Selain itu, dalam memaknai hari Pancasila kata ia bukan hanya sekedar perayaan, namun juga merupakan momentum untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki lima sila yang menjadi landasan utama dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Kita diingatkan akan pentingnya kerjasama dan kebersamaan dalam menghadapi berbagai tantangan ekonomi. Dalam konteks pembangunan ekonomi, gotong royong dapat diartikan sebagai kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi,” terangnya.

Pihaknya mengaku, melalui kerjasama yang baik, berbagai program dan kebijakan ekonomi dapat dirancang dan dilaksanakan secara efektif untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain gotong royong, sila-sila lain dalam Pancasila juga memiliki kontribusi dalam membangun ekonomi bagi masyarakat. Sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, mengajarkan nilai-nilai moral dan spiritual yang menjadi landasan dalam berusaha dan berdagang.

Kemudian pada sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab, mengajarkan pentingnya menghargai martabat dan hak asasi manusia dalam setiap kegiatan ekonomi. Sila ketiga, persatuan Indonesia, mendorong adanya kerjasama antarbangsa dan antardaerah dalam membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Baca Juga: Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Pamekasan Sampaikan Pesan Penting Ini

“Kita juga diingatkan akan pentingnya menjaga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Keadilan sosial merupakan prinsip yang mendasari pembangunan ekonomi yang berkeadilan dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Lanjutnya, melalui kebijakan yang berpihak kepada rakyat kecil dan miskin, serta perlindungan terhadap hak-hak ekonomi masyarakat, ekonomi Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Apalagi menghadapi tantangan ekonomi global yang semakin kompleks, memaknai hari Pancasila menjadi penting untuk memperkuat fondasi ekonomi Indonesia.

Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam setiap kegiatan ekonomi, kita dapat menciptakan lingkungan ekonomi yang stabil, inklusif, dan berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Sebagai negara dengan potensi ekonomi yang besar, Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia yang berdaya saing,” pungkasnya.

Reporter : Ari
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan