Berawal Dari Area Perkotaan, Program Lamak Teker Disdik Sumenep Mulai Masuk Pelosok Desa

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Sumenep Muhammad Saidi

SUMENEP, Selasa (12/3/2019) suaraindonesia-news.com – Berawal dari area perkotaan, Program Lamak Teker yang digagas Dinas pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kini sudah mulai dikembangkan hingga ke pelosok Desa.

Tak tanggung tanggung, program melalui Sekolah Diniyah ini sudah dijalankan di Desa desa meliputi Kecamatan Kota Sumenep, Kalianget, Saronggi, Bluto, Lenteng, Ganding, Rubaru, Manding, dan Dasuk.

“Jadi, untuk tahun ini sudah ada 11 kecamatan yang menerapkan program Lamak Teker ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Sumenep Muhammad Saidi dalam pernyataannya.

Menurutnya, tujuan yang ingin dicapai dari program ini, adalah dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik terhadap agamanya.

“Dengan adanya program ini, diharapakan nantinya peserta didik baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai selanjutnya terdidik dengan pemahaman agama yang baik, pintar mengaji, dan jauh dari perilaku yang bertentangan dengan norma agama dan hukum,” tutur Saidi.

Sehingga lanjut Saidi, diharapkan dunia pendidikan di Sumenep berjalan dengan aman, dan tentram.

“Kita menginginkan peserta didik pintar mengaji dan paham agama, supaya terhindar dari perilaku perilaku yang tidak sesuai dengan norma agama maupun hukum,” terangnya.

Program Lamak Teker dibagi menjadi dua bagian, yakni berbasis lokal dan pesantren. Dalam basis pesantren dilakukan dengan adanya pemisahan kelas antara putra dan putri yang paralel, pembacaan ayat suci alquran (surah yasin) sebelum memulai pelajaran, wajib diniyah 3 kali dalam 1 minggu selama 2 jam tatap muka.

“Untuk yang berbasis lokal setiap hari Selasa di semua lembaga pendidikan harus berbahasa Madura, dan 5 hari akademik selama proses pembelajaran dengan 1 hari non akademik diisi dengan kreatifitas menggambar, mengarang, dan sebagainya,” tukas Saidi.

Reporter : Halis
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here