Atasi Kekeringan, BPBD Lamongan Salurkan 341 Tangki Air Bersih Untuk 65 Desa

LAMONGAN, Rabu (26/09/2018) suaraindonesia-news.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Selasa kemarin (25/09) menyalurkan 341 Tangki air bersih untuk 65 Desa tersebar di 14 kecamatan.

Target penyaluran air bersih tersebut didasarkan pada hasil laporan dari pemerintahan Desa dan surve lapangan petugas BPBD Lamongan, akibat dampak kemarau tahun ini.

“Kemarin kita salurkan air bersih ke 65 Desa sebanyak 341 tangki air bersih,” kata Achmad Zaini, sekretaris BPBD Lamongan, Kamis (26/09) di ruang kerjanya.

Menurutnya dari sekian Desa yang mendapat air bersih, ada 5 Desa kategori paling keritis air bersihnya. Diantaranya, Desa Bedingin, Pangkarejo Bakalanrejo, Kecamatan Sugio, Desa Kedungmegari, Kecamatan Kembangbahu, Desa Kedungkumpul, Kecamatan Sarirejo.

“5 desa tersebut yang kita beri perhatian lebih,” tandasnya.

Lanjut Achmad Zaini, APBD 2018 kabupaten Lamongan untuk pos belanja penanggulangan kekeringan di budget 100 juta.

“Dengan keadaan sekarang (Kekeringan, red), pos anggaran APBD 2018 Lamongan tidak mungkin bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan,” tetangnya.

Zaini berarap, Desa–desa kedepan mewujudkan satu Desa satu embung (penampungan air). Dia mencontohkan Desa Beru dan Simbatan, Kecamatan Sarirejo.

“Dulu yang mengalami kekeringan dan sukses meminimalisasi krisis air bersih saat ini, karena ada embung Desa,” tuturnya.

Sementara Alimun, Kepala Desa Beru saat dikonfirmasi melalui seluler, membenarkan adanya normalisasi embung Desa, menurutnya dengan keadaan masyarakat yang saat ini menghadapi kemarau, minimal untuk kebutuhan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) masih memadahi.

“Tahun ini pemerintah Desa juga melakukan pendalaman embung Desa,” pungkasnya.

Reporter : Ida Dwi Rokhma
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here