Antisipasi Penyebaran Covid-19, Kepala Kemenag Sumenep Berikan Panduan Pelaksanaan Sholat Idul Adha Tahun 1441 H

oleh -51 views
Kepala Kementrian Agama Kabupaten Sumenep, H. M. Juhedi saat ditemui di kantornya.

SUMENEP, Rabu (29/7/2020) suaraindonesia-news.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memberikan panduan pelaksanaan sholat Idul Adha tahun 1441 H dan agar mematuhi protokol Covid-19.

Idul Adha kali ini beda dengan hari raya Idul Qur’ban sebelumnya. Karena tahun ini bersamaan dengan kasus yang melanda dunia. Sehingga pada saat ini, untuk menuju kebiasaan baru, masyarakat agar tetap waspada terhadap hal itu.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sumenep, H. M. Juhedi menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan sholat hari raya Idul Adha saat ini menjaga-jaga dan mengantisipasi pandemi ini.

“Kami sudah mengeluarkan panduan pelaksanaan sholat Idul Adha tahun 1441 H untuk masyarakat. Agar masyarakat tetap waspada dan patuh terhadap anjuran pemerintah,” kata Juhedi saat ditemui di kantornya, Rabu (29/7).

Dalam panduan tersebut sudah jelas. Bagaimana masyarakat bisa melaksanakan sholat Idul Adha di tengah dan mengikuti protokol Covid-19.

“Isi dari panduan tersebut berupa: Jamaah dalam kondisi sehat, membawa sajadah/alas masing, menggunakan masker ketika keluar rumah dan selama di area pelaksanaan,” jelasnya.

Sebelum melaksanakan sholat Idul Adha masyarakat dianjurkan untuk menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan menggunakan masker atau hand sanitizer.

“Sesudah pelaksanaan sholat Idul Adha masyarakat agar menghindari kontak fisik seperti bersalaman. Jaga jarak antar jamaah minimal 1 meter,” ujarnya.

Tambahnya, pihaknya menghimbau untuk tidak mengikuti sholat Idul Adha bagi anak-anak dan warga lanjut usia yang rentan menular penyakit. Yang berisiko tinggi terkena Covid-19.

“Yang memiliki penyakit bawaan berisiko terkena Covid-19 agar tidak ikut sholat Id,” tandasnya.

Reporter : Dayat
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *