Angkat Minat Baca Siswa, Brigadir Ari Yudiantono Dapat Reward Dari Lemkapi

oleh -46 views
Pemberian penghargaan oleh Edi Haibuan direktur eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) kepada Brigader Ari Di Mapolres Batu.

KOTA BATU, Kamis (27/6/2019) suaraindonesia-news.com – Sukses mengangkat minat baca para siswa di Kelurahan Nganglik kecamatan Batu Kota Batu, petugas Babinkamtibmas berangkat Brigadir Ari Yudiantoro, Kamis (27/6/2019) siang Di Ruang Rupatama Mapolres Batu mendapat penghargaan atau reward dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

Berkat perjuangannya dengan berkeliling mengaet minat baca siswa, dengan mengubah sepeda motornya menjadi Motor Pustaka Reaktif (MPR) atau pustaka berjalan, dengan menyediakan buku bacaan bagi siswa, Babinkamtibmas Kelurahan Ngaglik ini menerima penghargaan Promoter Reward yang diserahkan langsung oleh Direktur Eksekutif Lekapi, Dr. Drs. Edi Hasibuan, SH, MH.

“Ia adalah orang yang inovatif, ini Tidak mudah dan dibutuhkan komitmen yang kuat bagi seorang Polisi untuk berkeliling dengan sepeda motor ke sekolah-sekolah untuk menyediakan buku bacaan bagi pelajar. Namun hal ini mampu dilakukan oleh Brigadir Ari Yudiantono,” ujar Edi Hasibuan dalam sambutannya, pada acara pemberian penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) D Mapolres Batu.

Edi menjelaskan bahwa sudah lama pihaknya memantau kinerja Bhabinkamtibmas Kelurahan Ngalik ini. Beberapa kali media massa juga menampilkan berita perjuangan Ari untuk membantu mencerdaskan siswa sekolah. Bahkan salah satu Televisi Swasta Nasional telah menghadiahi Ari untuk berangkat umroh ke Tanah Suci.

Sedang, Adi Yudiantono mengaku dirinya membuat Motor Pustaka Reaktif (MPR) bermula dari seringnya melihat banyak anak di SDN Ngaglik yang hanya bermain saat jam istirahat ataupun jam kosong. Kemudian ia teringat atau terispirasi dari Pojok Baca di Mapolres Batu.

“Alangkah lebih baik jika adik-adik SD ini juga disediakan Pojok Baca. Kemudian saya kumpulkan buku bacaan koleksi saya ditambah bantuan dari teman-teman. Pertama kali MPR ini berkeliling hanya ada 30 buku,” ungkap Ari.

Dimulai Juli 2017, ternyata apa yang dilakukannya mendapat respon positif dari para siswa SDN Ngaglik. Setiap kedatangan MPR, selalu ditunggu. Ari juga merasa nyaman karena bisa berkumpul di tengah-tengah pelajar. Hal ini juga mempermudah tugasnya sebagai Babinkamtibmas untuk mengantisipasi kebiasaan negatif anak-anak dan kerawanan akibat maraknya internet.

Saat ini koleksi buku MPR milik Ari sudah berjumlah 115 judul buku. Untuk ‘memancing’ minat baca anak, tentunya buku yang ditawarkan ke siswa bukan ‘buku berat’.

“Kebanyakan buku yang suka dibaca anak-anak adalah buku cerita, buku memasak, dan buku keagamaan,” tambah Ari.

Dan atas yang yang dilakukan Ari, mampu mengangkat citra Polri di mata masyarakat. Polri menjadi disukai dan dicintai masyarakat, dan program Polisi Sahabat Anak menjadi program yang mudah dicapai.

Selain program MPR milik Ari, Lemkapi juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Polisi Pariwista Polres Batu. Penghargaan diberikan atas inovasi Polisi Pariwisata yang telah wisatawan yang datang ke Kota Batu dengan menyediakan aplikasi Apel Batu, yaitu Aplikasi Polisi Jelajah Kota Batu.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *