Anggota DPR RI Sudewo Buka Diklat Pemberdayaan Masyarakat

oleh -43 views
Foto: Anggota DPR RI Sudewo memberi ucapan selamat kepada peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat.

PATI, Senin (03/05) suaraindonesia-news.com – Anggota DPR RI, Sudewo membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat Remote Pilot Rating Spukta (pesawat udara kecil tanpa awak).

Pembukaan diklat dihadiri Sekretaris Balai Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan, Kepala Balai Diklat Penerbangan Curug, Kepala Diskominfo Kabupaten Pati, Ratri Wijayanto mewakili Pj Bupati Pati, Plt Kepala Disdikbud, Plt Kepala DPUTR dan Kepala Dishub, serta perwakilan dari Disnaker Kabupaten Pati, berlangsung di pendopo kediaman Sudewo, Desa Slungkep Kecamatan Kayen, Senin (03/05/24).

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Curug dan Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo.

Dalam sambutan, Sudewo menyambut baik penyelenggaraan diklat yang bertujuan mengembangkan sumber daya manusia di Kabupaten Pati.

Baca Juga: Calon Haji Pati Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

“Peningkatan sumber daya manusia sangat penting untuk kehidupan masyarakat suatu negara atau daerah”, kata Sudewo.

Maka, pihaknya berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan, khususnya Balai Pengembangan SDM dan Balai Diklat Penerbangan Curug, yang telah mempercayakan kegiatan tersebut di Kabupaten Pati.

“Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi para peserta bisa mendapat ilmu dan ketrampilan tentang pengoperasian pesawat atau drone. Juga mereka akan paham tentang regulasinya terkait keselamatan penerbangan”, lanjutnya.

Maka dia berharap, peserta dapat mengikuti diklat dengan sungguh – sungguh.

Dalam laporan, Kepala Balai Diklat Penerbangan Curug, Capt. Ahmad Hariri mengatakan, tujuan pelatihan itu agar peserta mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di lingkungan masyarakat.

“Pelatihan Remote Pilot Rating Spukta Angkatan 23 selama 6 hari kerja, diikuti oleh 20 orang. Pelatihan Teknik Perawatan Perangkat Komputer Angkatan 1 dan 2, selama 6 hari kerja, diikuti oleh 40 orang”, kata Ahmad Hariri.

Adapun kurikulum pelatihan, lanjutnya, sebanyak 43 jam pelajaran, terdiri atas teori 38 jam dan praktik 5 jam, untuk Remote Pilot Rating Spukta.

“Sedangkan kurikulum Komputer Teknik Perawatan Perangkat, berjumlah 44 jam pelajaran, terdiri atas teori 14 jam dan praktik 30 jam”, tukasnya.

Untuk mendukung kualitas hasil sesuai dengan tujuan pelatihan, disiapkan pengajar atau instruktur profesional dari Balai Diklat Penerbangan Curug dan Praktisi Penerbangan.

Reporter : Usman
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan