Wujudkan KLA, DP3A Kota Bogor Gelar Pelatihan KHA Khusus Tenaga Pendidik Tingkat SD

oleh -235 views
Foto: Potret pelaksanaan Pelatihan Konvensi Hak Anak di Gedung PGRI Kota Bogor.

KOTA BOGOR, Kamis (06/10/2022) suaraindonesia-news.com – Untuk mempercepat perwujudan Kota Bogor Layak Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bogor, adakan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) bagi tenaga pendidik tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Bogor di Gedung PGRI Kota Bogor.

Adapun sebagai narasumber pada acara pelatihan tersebut adalah Ikeu Tanziha, Guru Besar Institut Pertanian Bogor.

Dalam sambutannya, Plh. Kepala DP3A Ana Ismawati menyampaikan, bahwa anak-anak merupakan modal pembangunan dan awal kunci kemajuan bangsa di masa depan.

“Sepertiga dari total penduduk Indonesia adalah anak-anak. Anak-anak terbukti mampu membuat perubahan dan menyelesaikan masalah kota secara lebih kreatif, sederhana, dan ringkas. Sebagai wujud upaya pemenuhan hak anak, pemerintah harus segera mewujudkan Kota Layak Anak (KLA),” terangnya, Kamis (06/10).

KLA sendiri, kata Ana, adalah sistem pembangunan kabupaten/kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

“Kepentingan dan perlindungan terhadap anak menjadi salah satu pertimbangan dalam membangun sarana kota layak anak, karena anak-anak memiliki kebutuhan khusus. Oleh karena itu, pemerintah melalui DP3A Kota Bogor telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang holistic, terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA),” tukasnya.

Pemerintah Daerah Kota Bogor dalam upaya mempercepat perwujudan Kota Bogor Layak Anak kata Ana, salah satunya dengan diadakannya KHA Bagi Tenaga Pendidik tingkat SD di Kota Bogor yang dapat terselenggara berkat kerjasama DP3A Kota Bogor dengan PGRI Kota Bogor. Dengan diadakannya Pelatihan tersebut diharapkan meningkatnya pemahaman dalam Pemenuhan Hak Anak.

“Kami berharap, setelah diadakannya Pelatihan Konvensi Hak Anak yang dilaksanakan hari ini, maka para peserta Pelatihan tersebut akan semakin paham terhadap Pemenuhan Hak Anak,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua PGRI Kota Bogor, Ade Sutisna menyampaikan, ucapan terimakasihnya kepada DP3A Kota Bogor yang telah memberikan kepercayaan kepada PGRI Kota Bogor, untuk melaksanakan satu kegiatan yang sangat penting bagi para pendidik yaitu pelatihan Konvensi Hak Anak.

“Mudah mudahan setelah para pendidik mengikuti kegiatan ini bisa mengimplementasikan disekolah masing masing terkait dengan pelayanan terhadap anak didik, baik pada waktu belajar, berlatih, bermain dan lainya di lingkungan sekolah,” terangnya.

“Kepada seluruh peserta pelatihan PGRI Kota Bogor kami mengucapkan selamat mengikuti pelatihan dan kami berharap agar ilmu dan pengetahuan yang hari ini di dapat dari narasumber tentang konvensi hak anak dapat disampaikan kepada teman teman di sekolah masing masing,” katanya lebih lanjut.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan