Wujudkan Ketahanan Pangan, Koramil 0826-06 Pademawu Terjun ke Sawah

oleh -10 views
Foto: Babinsa Koramil 0826-06 Pademawu, Serka Slamet, bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Melati 4, bergotong-royong saat penanaman padi di Desa Pademawu Timur.

PAMEKASAN, Jum’at (17/05/2024) suaraindonesia-news.com – Babinsa Koramil 0826-06 Pademawu, Serka Slamet, bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Melati 4, bergotong-royong melaksanakan penanaman padi di Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Pamekasan. Jum’at (17/05/2024).

Dalam kegiatan ini, Serka Slamet dan para petani setempat bahu-membahu menanam bibit padi di sawah. Kerja sama antara TNI dan masyarakat ini menunjukkan komitmen untuk meningkatkan produksi pangan lokal serta mendukung program ketahanan pangan nasional.

“Kami berharap dengan adanya pendampingan dari Babinsa, para petani semakin semangat dan termotivasi untuk meningkatkan hasil panen. Ini juga bagian dari tugas kami sebagai TNI untuk mendukung kesejahteraan masyarakat,” ujar Serka Slamet.

Lebih lanjut Serka Slamet mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya TNI untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah.

Sementara itu Danramil 0826-06 Pademawu Kapten Cba Joko mengatakan bahwa kegiatan pendampingan ini tidak hanya terbatas pada penanaman padi, tetapi juga mencakup berbagai aspek pertanian lainnya.

Baca Juga: Bertepatan Malam Jum’at Manis, RB Fattah Jasin Secara Resmi Kembalikan Formulir ke Kantor DPC PBB

“Para Babinsa tak hanya pendampingan pada penanaman padi saja tetapi juga terlibat dalam berbagai kegiatan seperti penyuluhan tentang teknik bercocok tanam yang baik, pengendalian hama, serta penggunaan pupuk yang efektif,” ucap Kapten Cba Joko.

Selain itu, kata Kapten Cba Joko, para Babinsa juga melaksanakan program pipanisasi dan pompanisasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian untuk dapat mencapai swasembada pangan.

“Dengan demikian, diharapkan produksi padi di Desa Pademawu Timur dapat meningkat dan memberikan kontribusi positif terhadap ketahanan pangan di Pamekasan,” pungkasnya.

Ahmad salah satu petani, menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan oleh Babinsa.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan pendampingan dari Babinsa Koramil 0826-06 Pademawu, karena ini sangat membantu kami dalam proses penanaman padi,” ujarnya.

Dengan adanya kolaborasi antara TNI dan kelompok tani, diharapkan Desa dapat memberikan kontribusi positif dalam hal ketahanan pangan dan kemandirian pertanian.

Kegiatan seperti ini juga menjadi bukti nyata bahwa sinergi antara pemerintah, TNI, dan masyarakat dapat menghasilkan manfaat yang besar bagi kesejahteraan rakyat.

Reporter : May
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan