Walikota Batu Inginkan Karangploso dan Dau Gabung Batu

Walikota Batu Eddy Rumpoko Pakai Kacamata Hitam

BATU, Rabu (21 Juni 2017) suaraindonesia-news.com – Walikota Batu, Eddy Rumpoko berkeinginan agar Kecamatan Dau dan kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, bisa bergabung dengan kota Batu dalam kelanjutan pengembangan dan pembangunan kota.

ER sapaan Eddy Rumpoko menyebut, sudah saatnya kota Batu melakukan pemekaran wilayah. Hal itu dimaksudkan akan mudah bagi Kota Batu untuk melakukan penataan kota dan mengatasi kemacetan yang ada terutama arus lalu lintas.

Dalam Rapat Paripurna DPRD Batu, Rabu sore (21/6/2017). ER mengatakan, untuk merealisasikan pemekaran ini, Legislatif harus bisa menjadi inisiator.

“Secara geografis kedua kecamatan ini (Dau dan Karangploso) sesuai dengan karakteristik Kota Batu. Selain itu dengan masuknya dua kecamatan ini akan menguntungkan bagi Kota Batu dan juga akan lebih efektif bagi kita dalam melakukan penataan,” ujar dia.

Menyikapi usulan Walikota Batu itu, DPRD kota Batu langsung merespon positif, Ketua DPRD Batu, Cahyo Edi Purnomo menyampaikan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah awal, diantaranya melakukan sharring atau dengar pendapat dengan Pemerintah Kota dan juga tokoh masyarakat, baik di Kecamatan Dau dan Kecamatan Karangploso kabupaten Malang.

“Benar, secara geografis kedua kecamatan itu berbatasan dengan kota Batu dan Kita sendiri sudah melakukan kajian secara geograif dan teritorial untuk Pemakaran wilayah. Hasil kajian itu layak bergabung dengan kota Batu,” jelas Cahyo,

Lebih lanjut, dari hasil sharring tokoh-tokoh masyarakat kedua kecamatan itu menyatakan bahwa sebagian masyarakat di kecamatan Dau dan Krangploso ingin bergabung dengan Kota Batu.

Mereka beralasan, karena mereka mengalami kendala jarak yang cukup jauh ketika harus mengurus masalah pelayanan publik ke Kantor Kabupaten Malang.

“Secara geografis jarak kedua kecamatan ini lebih dekat ke Balaikota Batu dibandingkan ke Kantor Kabupaten Malang yang letknya di Kepanjen,” tandasnya.

Diketahui, saat ini Kota Batu terdiri dari 3 kecamatan. Yaitu, Junrejo, Bumiaji, dan Batu. Jika tiga kecamatan ini ditambah Kecamatan Dau dan Kecamatan Karangploso, Kota Batu akan menjadi lima kecamatan. (Adi Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here