Walikota Batu Akan Bangun Kereta Gantung Rp 1 Trilyun

Dewanti Rumpoko Walikota Batu

KOTA BATU, Kamis (14/2/2019) suaraindonesia-news.com — Walikota Batu Dewanti Rumpoko tahun 2020 akan membangun kereta gantung (cable car) sepanjang delapan kilometer, mulai dari desa Pendem Kecamatan Junrejo hingga Alun-alun kota Batu. Proyek Alat tranportasi yang akan diluncurkan itu diperkirakan akan menelan dana Rp 1 Trilyun.

Dihadapan peserta Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bumiaji yang berlangsung, Kamis (14/2/2019) di Balai kecamatan Bumiaji.

Dewanti dengan tegas bahwa kereta Gantung sebagai alat traportasi wisata akan diluncurkan tahun 2020, lantaran tahun 2019 ini proses pengurusan perijinan sudah dilakukan mulai dari tingkat kota hingga tingkat Pemerintah pusat dan tahun 2020 akan dilakukan pengerjaan proyek.

“Kereta gantung nanti akan didatangkan dari Austria, perusahaan ternama bernama Doppelmayr, perusahaan ini memiliki kredibilitas yang sangat bagus di mata dunia, kita juga sudah melakukan komunikasi, perwakilan dari mereka sudah datang kesini Ke Batu,” kata Dewanti.

Sebenarnya, kata dia selain ada penawaran doppelmayr dari Austria juga ada penawaran lain yaitu dari Cina, namun dirinya lebih sreg buatan Austria, Dewanti lebih memilih yang sudah teruji.

“Dengan adanya Kereta Gantung, nantinya diharapakan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi daerah melalui sector wisata,” jelasnya.

Kereta gantung yang diluncurkan nanti, kata Dewanti bukan sembarang kereta gantung yang memuat empat orang penumpang atau enam orang penumpang, tetapi nantinya kereta gantung itu bisa memuat 18 orang penumpang.

“Dengan dana yang besar itu kita sama sekali tidak mengambil dari dana APBD atau APBN tetapi dana tersebut diambilkan dari pihak ketiga yaitu investor,” ungkapnya.

Dewanti juga menyebut, Jika kereta gantung nanti sudah beroperasi, penumpang akan dikenatan tarif sebesar Rp 50 Ribu untuk masyarakat umum, sementara warga kota Batu akan mendapat discount 30 persen.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here