Honorer K2 Jember Serbu Peluang Kerja PPPK 2019

Para honorer K2 beramai-ramai daftar PPPK (Foto: Ali Mahrus)

JEMBER, Kamis (14/2/2019) suaraindonesia-news.com – Dua hari menjelang penutupan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan ditutup pada 16 Februari 2019 mendatang, puluhan pelamar dari honorer K2 tampak memadati ruang lobi Gedung Pemkab Jember guna menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan, Kamis (14/2) siang.

Sekda Kabupaten Jember, Ir. Mirfano menjelaskan bahwa Pemkab Jember telah mengusulkan 1.686 pegawai K2 dari 3 sektor prioritas yaitu tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh pertanian ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi.

“Jika dirincikan dari 1.686 yang kami usulkan tersebut, yaitu 1.431 tenaga guru, 152 tenaga kesehatan, dan 103 tenaga penyuluh pertanian. Proses pendaftaran PPPK sudah kami umumkan di website BKD Jember, dan akan diverifikasi,” terang Mirfano.

Sementara untuk persyaratan mengikuti tes PPPK, Mirfano menambahkan bahwa Honorer K2 atau masyarakat yang ingin mengikuti tes PPPK serendah-rendahnya berusia 18 tahun dan setinggi-tingginya satu tahun sebelum memasuki usia pensiun, untuk tenaga pendidik minimal berijazah S1, untuk tenaga Kesehatan berijazah D3 dan untuk petugas penyuluh lapangan berijazah SMA.

“Untuk mengikuti tes ini, peserta harus membuat akun secara online di website milik BKN, dan meregister, setelah itu mencetak kartu informasi akun dan dibawa ke Pemkab sambil membawa berkas lamaran,” lanjut Mirfano.

Sementara Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR dalam kesempatan lain menyampaikan, bahwa perekrutan PPPK dilakukan karena memang masih adanya formasi kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Jember, namun tetap untuk perekrutan PPPK ini juga melalui tahap tes, dimana seleksinya dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

“Tes tetap dilakukan karena untuk kepentingan mencari sumber daya manusia yang bagus. Kualitas SDM tetap harus dipertimbangkan, dan nanti yang akan melakukan seleksi itu pusat, kalau sudah dinyatakan lulus baru SK diterbitkan oleh Bupati,” terang Faida.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here