Wali Kota Probolinggo Roadshow Door To Door, Serahkan Bantuan Kepada Lansia

oleh -195 views
Foto : Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, door to door serahkan bantuan kepada lansia, Selasa (30/11/2021).

PROBOLINGGO, Selasa (30/11/2021) suaraindonesia-news.com – Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos, PPPA) Rey Suwigtyo menyerahkan bantuan sosial berupa alat bantu bagi masyarakat lansia secara door to door di 9 lokasi, Selasa (30/11).

Roadshow door to door mengawali start penyerahan bantuan, pertama Wali Kota menyerahkan bantuan kursi roda kepada Sutina, warga Blok Jurang Kelurahan Kademangan. Wanita yang sehari harinya berjualan pecel ini mengalami patah kaki akibat jatuh didepan warung tempat jualannya.

Wali Kota melihat kondisi wanita yang sehari-hari berjualan pecel itu menyarankan untuk berobat ke fasilitas kesehatan, dengan memanfaatkan penjembutan menggunakan ambulans gratis dari Pemkot.

Setelah dari kediaman Sutina, Wali Kota yang lebih populer disapa warganya dengan panggilan Habib Hadi ini memberikan alat bantu kursi roda pada dua warga lainnya di Kelurahan Jrebeng Kidul Kecamatan Wonoasih dan Kelurahan Kebonsari Wetan Kecamatan Kanigaran. Selain kursi roda, bantuan lain yang diberikan adalah dipan atau tempat tidur.

Dalam roadshow door to door memberikan bantuan tersebut, penerima bantuan tersebar di 6 lokasi. Yakni, Blok Tanjung Kecamatan Kademangan, Jalan Kapt. Saroe Kelurahan Kedung Asem Kecamatan Wonoasih, Jalan. KH. Hasan Gang. Bayusari VI Kelurahan Kebonsari Wetan Kecamatan Kanigaran, Jalan Sunan Bonang Kecamatan Kanigaran, Jalan Supriyadi Kelurahan Tisnonegaran Kecamatan Kanigaran dan Jalan Pattimura Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan.

Kepada awak media Wali Kota mengatakan, bahwa bantuan kepada lansia ini merupakan wujud dari tanggung jawab dan kepedulian pemerintah untuk hadir melindungi warganya dan sekaligus juga bentuk komitmennya di bidang kesehatan.

“Saya ingin turun langsung memastikan sasaran yang masuk dalam data Dinsos, PPPA berdasarkan usulan program Musrenbang 2020, dengan sasaran lansia usia 60 tahun ke atas. Kami lihat kondisi riilnya bagaimana. Kami cek juga kesehatannya dengan melibatkan petugas kesehatan, untuk bisa memastikan juga faktor kesehatannya,” terangnya.

Meskipun dari beberapa penuturan tadi tidak mau dibawa ke puskesmas, sehingga kami perintahkan untuk langsung didatangi saja ke masing-masing rumahnya untuk melakukan evaluasi dan pengecekan, dan diberikan bantuan berupa obat-obatan juga, imbuhnya.

Wali kota sampaikan, jika ada warga lansia di wilayah kota Probolinggo yang sekiranya membutuhkan bantuan dari Pemkot, dipersilahkan untuk segera lapor ke Dinsos, PPPA.

“Apabila ada warga lansia dan tidak mampu serta ada kendala di bidang kesehatannya, yaitu fisiknya atau butuh alat bantu, sampaikan saja inbox ke akun media sosial saya, Dinsos atau TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan),” sebutnya.

Disamping itu, wali kota juga mengajak warganya untuk memanfaatkan keberadaan mobil ambulans siaga, yang disiapkan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bisa dijangkau oleh masyarakat.

“Mobil ambulans siaga tersebut, bertujuan mempercepat pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan. Saya tidak ingin melihat ada warga kota yang tidak terlayani kesehatannya hanya karena faktor ekonomi,” tegas orang nomor satu di kota probolinggo ini.

Ia pun berharap bantuan yang telah diserahkan itu dapat dimanfaatkan dengan baik, dan kondisi para lansia yang dijenguknya segera pulih dan dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala.

“Tentunya kami berharap, semoga lekas sembuh, dan bantuan yang diberikan bermanfaat,” pungkas mantan anggota DPR RI ini.

Reporter : S. Widjanarko
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan