Wali Kota Probolinggo Aktifkan Kembali Siskamling, Ini Imbauannya

oleh -223 views
Foto : Habib Hadi saat Sosialisasi Peningkatan Sistem Kemanan Terpadu di halaman Kantor Kecamatan Kademangan yang diikuti oleh para Lurah, anggota Babinsa, anggota Babinkamtibnas, Kasatgas, dan anggota Linmas se-Kecamatan Kademangan. Jumat (27/5/2022).

PROBOLINGGO, Jumat (27/5/2022) suaraindonesia-news.com – Dalam mewujudkan sistem keamanan terpadu pada masyarakat untuk terciptanya lingkungan yang aman, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) terpadu dengan meningkatkan peran Linmas dilingkungan masing-masing.

Habib Hadi, sapaan akrabnya mengungkapkan rasa terimakasihnya atas peran aktif Babinsa, Babinkamtibnas, dan Linmas dalam membantu Pemerintah Kota Probolinggo dalam menjaga dan meningkatkan keamanan lingkungan, serta mendampingi warga mengaktifkan siskamling.

Hal itu disampaikan oleh Habib Hadi saat Sosialisasi Peningkatan Sistem Kemanan Terpadu di halaman Kantor Kecamatan Kademangan yang diikuti oleh para Lurah, anggota Babinsa, anggota Babinkamtibnas, Kasatgas, dan anggota Linmas se-Kecamatan Kademangan, Jumat (27/5/22).

Menurut Habib Hadi, keamanan adalah tanggung jawab bersama.

“Pemerintah, TNI, dan POLRI pasti akan membantu dalam hal pengamanan. Tapi untuk keamanan di masing-masing lingkungan masyarakat setempat harus jadi pelopor di wilayah masing-masing,” ujar Habib Hadi.

Sebab, kata Habib, tidak mungkin bisa menyelesaikan suatu permasalahan apabila warganya tidak berperan aktif.

“Jadi saya harap untuk mengaktifkan kembali siskamling di wilayahnya masing-masing,” pinta Habib Hadi, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Ketapang ini.

Habib Hadi juga menyampaikan bahwa perlunya tindakan persuasif terhadap warga yang melakukan pelanggaran dalam hal keamanan.

“Apabila ada warga yang perlu diberikan pemahaman terkait keamanan bisa dijelaskan, apabila Linmas kurang paham bisa langsung bertanya ke Babinkamtibnas/Babinsa/Lurah. Sehingga lambat laun bisa meningkatkan kesadaran tentang keamanan lingkungan masing-masing,” terang Habib Hadi.

Ia juga menjelaskan, bahwa peran lain dari Linmas ialah membantu aparat pemerintah dalam memantau tindakan yang melanggar aturan. Menurutnya, tanpa ada keterlibatan masyarakat di lapisan bawah, pemerintah dan aparat tidak mungkin tahu.

Mantan anggota DPR RI ini juga berharap, sebagai penegak ketertiban di wilayahnya, Linmas dapat melaporkan segala kejadian yang berhubungan dengan keamanan.

Meskipun, lanjut dia, di wilayahnya sudah aman dan tertib, tetap harus waspada dan mawas diri. Disamping itu ia juga mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam menjaga kemanan dan ketertiban.

Habib Hadi juga mengimbau Linmas untuk mengunduh aplikasi Mangga Manis, aplikasi dari Kepolisian, apabila ada sesuatu hal terjadi terkait kemanan dan ketertiban.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Nurul Anam
Publisher : Ipul

Tinggalkan Balasan