Wakil Ketua TP PKK Jember Dorong PKK Desa Curahlele Tekan Stunting

oleh -452 views
Foto: Wakil Ketua TP PKK Jember, Ning Vita, saat memberikan arahan pencegahan stunting kepada PKK Desa Curahlele.

JEMBER, Jumat (11/11/2022) suaraindonesia-news.com – Wakil Ketua TP PKK Jember, Hj. Ervita Afdila Sari melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) program Sehat Lestari Berencana di Desa Curahlele, Kecamatan Balung. Kamis, 10 November 2022 kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, istri Wakil Bupati Jember tersebut mendorong para anggota PKK Desa Curahlele untuk terus menekan angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI-AKB) serta stunting dengan memberikan pendampingan secara serius bagi setiap warga yang hamil.

“Pencegahan stunting sejak dini. dapat dilakukan dengan pendampingan saat hamil, melahirkan, hingga 1.000 hari pertama kehidupan bayi,” kata Ning Vita dalam arahannya, Jumat (11/11).

Selain itu, makanan dengan nutrisi yang cukup juga berperan penting bagi ibu hamil dan menyusui. Ia menegaskan, makanan dengan nutrisi yang baik dan cukup, tidak selalu berasal dari makanan yang mahal.

Menurut dia, nutrisi yang baik dapat diperoleh dari makanan sehari-hari asalkan ada keseimbangan. Baik dari protein, karbohidrat, dan lemaknya.

Ning Vita juga mendorong agar PKK Desa Curahlele mengarahkan masyarakat agar terbiasa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Utamanya memasuki musim hujan ini, saluran irigasi harus dipastikan tidak tersumbat.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Curahlele, Mar’atus Sholihah menyampaikan, beberapa program yang telah dilaksanakannya di antaranya mewujudkan setiap rumah warga mempunyai tanaman pekarangan rumah, baik berupa pohon buah-buahan, sayuran dan toga.

“Dengan adanya tanaman pekarangan maka akan berdampak pada penghematan pengeluaran, misal menanam cabai maka tidak perlu lagi beli cabai, begitu juga sayuran, ini pula akan terbentuk ketahanan pangan lokal,” ujar Mar’atus Sholihah.

Ia juga mengaku, PKK Desa Curahlele melakukan inovasi dengan membuat produk abon dan dimsum dari ikan segar. Menurutnya, inovasi dengan bahan utama ikan tersebut memiliki banyak gizi yang bagus bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil.

“Terima kasih kepada Ibu Wakil TP PKK Jember atas segala arahannya kepada kami dan kami bertekad untuk terus lebih baik lagi melayani masyarakat desa kami, utamanya dalam pencegahan stunting,” pungkasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan