Wabup Abdya Buka Musrembag Perencanaan Pembamgunan RKPK Thn 2020

Wabup Abdya saat membuka musrembang RKPK tahun 2020 dikecamatan dikuala batee - Abdya.

ACEH ABDYA, Senin (11/2/2019) suaraindonesia-news.com – Wakil Bupati Aceh Barat Daya-Membuka musyawarah perencanaan pembangunan RKPK Abdya tahun 2020 dikecamatan kuala batee kabupten setempat.

Dalam sambutannya, Wabup Abdya Muslizar, MT mengatakan, mengawali sambutan ini pertama sekali kami mengucapkan terima kasih kepada Camat Kuala Batee yang telah mempersiapkan acara Musrenbang kecamatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga kita harapkan acara ini dapat berjalan dengan lancar.

Menurutnya, kegiatan Musrenbang Kecamatan ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

“Musrenbang ini bertujuan untuk menyusun dan menentukan program dan kegiatan prioritas pembangunan agar lebih terarah dan terfokus, serta harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang didukung oleh kondisi, potensi dan sumber daya yang ada serta situasi yang berkembang saat ini,” terangnya.

Selain itu kata dia, Musrenbang Kecamatan tidak semata-mata menyepakati usulan prioritas pembangunan yang ada di Gampong yang diusulkan melalui Musrenbang Gampong dan tertuang dalam RPJM masing-masing Gampong.

Namun demikian sambungnya, Musrenbang Kecamatan ini juga menyepakati kegiatan prioritas yang menjadi urusan dan kewenangan wajib dan pilihan Pemerintah Kabupaten,
Selanjutnya disampaikan Wabup bahwa penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan ini bertujuan untuk menampung berbagai aspirasi, masukan, ide dan pemikiran yang konstruktif dan membangun dari seluruh lapisan masyarakat atau stakeholders berkaitan dengan kegiatan pembangunan daerah yang diselaraskan dengan rencana dan prioritas pembangunan yang sedang disusun oleh Pemerintah Kabupaten.

Tahun 2020 yang merupakan tahun ke tiga RPJMK Aceh Barat Daya periode 2017-2022, Prioritas Pembangunan Kabupaten Aceh Barat Daya diarahkan melalui Tema “Peningkatan Nilai Tambah Pasca Panen Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Reporter : Nazli.Md
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here