Wabub Pamekasan Pantau Simulasi Penananganan Korban Gempa

oleh
Simulasi Korban Gempa yang ada di Kabupaten Pamekasan

PAMEKASAN, Jumat (26/04/2019) suaraindonesia-news.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan melaksanakan kegiatan Simulasi penanganan Gempa Bumi di Kabupaten Pamekasan.

Acara tersebut diadakan untuk memperingati Hari Kesiap Siagaan Bencana 2019.

Kordinator Tim Reaksi Cepat BPBD Pamekasan, Budi Cahyono mengatakan kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan semua unsur yg tergabung dalam Tim Penanggulangan Bencana Pamekasan.

Dalam simulasi tersebut, Tim BPBD setempat melakukan pemantauan lapangan untuk mengetahui dampak dari gempa tersebut dengan menyebar tim di berbagai titik. Gempa yang diperkirakan terjadi pada Pukul 08.40 WIB, Pamekasan dengan kekuatan 5.5 SR, berada di kedalaman 15 km pada koordinat -7.157129,113.4696939.

“Kami juga melibatkan pihak Trenggana Trenggana Satpol PP Pamekasan yg mengabarkan ada beberapa pegawai Pemkab Pamekasan yg terjebak diantara reruntuhan tembok dan plafon serta kayu akibat gempa yg terjadi,” Papar Budi.

Budi melanjutkan, Pusdal Ops PB BPBD Pamekasan kemudian menerjunkan tim kaji cepat untuk mengecek lokasi serta apa saja yang di butuhkan dalam upaya penanganan baik peralatan yg di butuhkan dan sebagainya. Setelah itu Pusdal Ops BPBD Pamekasan langsung mengirimkan Tim SAR gabungan untuk mengevakuasi korban yg terjebak di dalam pemkab Pamekasan.

“Tim SAR gabungan langsung diluncurkan ke TKP dan langsung melakukan evakuasi korban ke titik kumpul yang sudah di siapkan tenda dan tenaga Medis,” tutrnya.

Dalam simulasi tersebut, pihaknya berhasil menyelamatkan korban untuk dievakuasi ke RSUD Pamekasan. Jumlah korban terdampak sebanyak 20 orang dan 10 orang membutuhkan penanganan lanjutan dan di rujuk ke Rumah Sakit.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Pamekasan, Kalaksa Bpbd Pamekasan, Pasi Ops Kodim 0826 Pamekasan, Kasat Shabara Polres Pamekasan, TRC PB Bpbd Pamekasan, TNI dari Kodim 0826 Pamekasan,Tagana, Forum Relawan Penanggulangan Bencana Pamekasan.

Selain itu, ada juga PMI Pamekasan, PUPR, Pramuka saka Bayangkara Polsek Kota, Pemukiman dan Prasarana, Dinas Kesehatan Kab. Pamekasan, RSUD Pamekasan, Tim Ambulan 118 Puskesmas Kowel, Tim Ambulan 118 RSUD Pamekasan, Personel sekretariat Pemkab Pamekasan, Relawan Bajak Laut, DLH, Orari Lokal Pamekasan.

Reporter : May/Ita
Editor : Amin
Publisher : Dewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *