Upayakan Validasi Apseptor KB dan Tingkatkan Pelayanan

oleh -159 views

Sumenep, suaraindonesia-news.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) Kabupaten Sumenep, bertekad meningkatkan apseptor KB dari tahun ketahun terus meningkat. Sehingga, capaian program KB yang dicanangkan pusat, Propinsi hingga daerah betul-betul terealisasi sesuai harapan.

Kepala BPMP-KB Kabupaten Sumenep, H.Ach. Masuni, SE, MM melalui Kepala Bidang Keluaga Berencana (KB), Drs.RB. Moh. Mansur, M.Si mengungkapkan salah satu upaya agar realisasi program KB sesuai dengan harapan, yakni dengan validasi data apseptor KB, yang mungkin selama ini masih belum sempurna.

 “jadi kami upayakan data apseptor sejak tahun ini harus by name by address, sehingga data apseptor KB di Petugas sama dengan data yang ada di Puskemas.”ungkapnya.

Sehingga, diharapkan data apseptor yang ada tidak terjadi tumpang tindih, sehingga data apseptor menjadi tidak valid karena tidak adanya data base. Sebab, terkadang ada apseptor yang melakukan di Puskesmas, maupun melalui petugas KB serta ada pula yang melakukan dengan mandiri.

Upaya lainnya yang dilaksanakan saat ini dengan meningkatkan pelayanan khususnya adanya program KB gratis kepada masyarakat, diharapkan betul-betul bisa menjangkau sasaran khususnya bagi masyarakat apseptor yang tidak mampu.

“Sehingga perlu terus dilakukan sosialisasi dan dengan melakukan pelayanan langsung ke masyarakat di titik-titik yang menjadi target kami.”Pungkasnya.

Reporter : (ren)

Tinggalkan Balasan