Ungkapan Terima Kasih Warga untuk Pjs Kades Awoni

Foto Bersama Saat meninjau Mesin Listrik

NIAS SELATAN, Selasa (31/07/2017) suaraindonesia-news.com – Dana Desa yang diluncurkan oleh pemerintah pusat, sesusai Nawacita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, guna percepatan pembangunan Desa tertinggal dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu desa tertinggal di wilayah kabupaten Nias Selatan yakni Desa Awoni Kecamatan Idanotae Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara menjadi bahan perhatian masyarakat.

Berdasarkan pantauan media ini, tidak sedikit pembangunan yang sudah terlaksana dengan baik yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Kepada wartawan suaraindonesia-news.com saat konfirmasi, Ediaro Tafonao yang juga sebagai Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengatakan masyarakat sangat senang dengan kepemimpinan Presiden Republik Indonesia dengan program bantuan Dana Desa (DD) sehingga masyarakat dapat merasakanya, terlebih-lebih kepada kades yang sudah bekerja dengan penuh keterbukaan tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Ditempat yang sama Mareti Tafonao yang juga sebagai TPK mengatakan, pelaksanaan pembangunan sejak tahun 2016-2018 sesuai dengan RAB yang telah dimusyawarahkan bersama seluruh masyarakat desa.

“Tidak sedikit pembangunan 2016 yang sudah terlaksana seperti Listrik Desa, Pembukaan badan jalan 1 Km lebih, parit dan pemberdayaan lainya. Pada tahun 2017 yakni pengerasan jalan, TPK, dwiker sedangkan DD 2018 ini dialokasikan untuk melanjutkan pembukaan badan jalan sejauh 1.7 km Km sementara di RAB hanya 1 km, pengerasan jalan dan masih ada pengaspalan yang sudah disepakati beberapa Desa untuk BKAD 2018,” tuturnya.

Salah seorang tokoh masyarakat saat awak media berbincang di kediamanya Aroziduhu Lase mengatakan, sangat antusias kepada kades awoni dimana ADD/DD ini dilaksanakan sesuai harapan masyarakat.

“Semoga Kepala Desa yang lainya juga dapat memanfaatkan ADD ini dan benar-benar diserap oleh masyarakat,” imbuhnya.

Foto Pengerjaan Pembukaan Badan Jalan Menuju Kecamatan Bawolato

Pjs. Kepala Desa Iramahati Telaumbanua, S. Pd sewaktu dikonfirmasi mengatakan, atas nama Pemerintah Desa Awoni Kecamatan Idanotae akan memberi yang terbaik di desa ini melalui program ADD/DD.

“Begitu heboh kasus dana Desa, namun bagi saya tidak perlu tidak takut sebab saya sudah jalankan sesuai harapan bersama,” tuturnya.

Pembukaan badan jalan tersebut dari Desa Awoni Kecamatan Idanotae Kab. Nisel menuju Kecamatan Bawalato Kab Nias melewati perbatasan antara Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten/Kota Nias.

“Ketransparanan tetap kita utamakan dalam penggunaan Dana Desa ini seperti pemasangan baliho penggunaan DD dan selalu melibatkan masyarakat,” imbuhnya.

Baginya, dalam memajukan Desa ini salah satunya adanya akses jalan, Makanya kami utamakan pembangunan jalan, dan desa terang sudah terlaksana dan dinikmati oleh seluruh masyarakat ± 65 rumah tangga dan masih ada pemberdayaan lainya.

Telaumbanua mengharapakan semoga kedepan Pemda dapat membantu memperhatikan pembangunan di daerah tertinggal ini, karena ADD terbatas untuk di arahkan ke program yang lainya.

Reporter : Edhyr Baz
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here