UNEJ Kirimkan 19 Relawan ke Gunung Agung

oleh -110 views
Tim relawan UNEJ dalam misi bantuan kemanusiaan Gunung Agung, sebelum berangkat ke Karang Asem Bali, (30/11) malam. (Foto: Guntur/SI)

JEMBER, Jumat (1 Desember 2017) suaraindonesia-news.com – Kondisi terakhir dimana Gunung Agung telah meletus, menggerakkan inisiatif dari relawan kampus Universitas Jember (UNEJ) untuk ikut serta meringankan beban para pengungsi.

“Terkait dengan keadaan di Bali, Kami memutuskan untuk mengambil peran membantu meringankan beban para pengungsi,” tutur Rektor UNEJ, Drs. Moh. Hasan, M. Sc., Ph.D sebelum melepas keberangkatan para relawan, Kamis (30/11) malam.

Relawan Kampus UNEJ, lanjut Rektor, telah dibentuk dengan serangkaian training yang memadai, sehingga selalu siap saat diperlukan.

Sementara itu, Ketua Regu Relawan UNEJ, Joko Mulyono menguraikan bahwa relawan yang dikirimkan kali ini sebanyak 19 orang, terdiri dari 13 orang tim trauma healing, dan 6 orang dari medis dan pendamping.

“Trauma healing penting pasca bencana, untuk mengatasi kepanikan, stress, untuk menormalkan psikologis,” terang Joko.

Baca Juga: Bakal Calon Wakil Bupati Ngamuk, KPU Pamekasan Mendapat Penjagaan Ketat

Sedangkan medis bertugas memberikan pengobatan, lanjut Joko, karena para pengungsi mulai terjangkit ISPA akibat keluarnya asap abu vulkanik dari gunung tersebut.

“Pengungsi juga terkena diare serta kondisi kekurangan air,” tambahnya.

Selanjutnya mereka akan memberikan bantuan kemanusiaan selama seminggu ke depan di sana.

Tria Agustin, salah satu relawan dari tim trauma healing menerangkan langkah trauma healing tersebut.

“Langkahnya dengan pemberian motivasi, permainan, agar mereka percaya diri, tidak merasa takut, psikologisnya normal kembali,” terang Tria, mahasiswi jurusan Kesejahteraan Sosial, FISIP UNEJ.

Tim relawan ini pun berangkat ke Bali sekitar pukul 11:30 WIB tadi malam. (Gun/Jie)

Tinggalkan Balasan