Tragedi Laga Arema FC vs Persebaya, KONI Jatim Angkat Bicara

oleh -70 views
Foto: Ketua KONI Jatim, M. Nabil saat diwawancarai oleh sejumlah awak media. (Ist/SI)

MALANG, Minggu (02/10/2022) suaraindonesia-news.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim) angkat bicara terkait tragedi laga Arema FC Vs Persebaya yang menewaskan ratusan orang.

Ketua KONI Jatim, M. Nabil mengatakan, pihaknya turut berdukacita atas meninggalnya ratusan orang pada Laga lanjutan BRI Liga I yang digelar Sabtu (01/10/2022) kemarin malam di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

“Keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran. Semoga semuanya masuk dalam golongan ahli surga,” kata M. Nabil saat diwawancarai melalui sambungan selulernya, Minggu (02/10).

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa terkait ramai ratusan orang meninggal itu karena bukan saling tawuran melainkan gara-gara gas air mata yang dilakukan oleh pihak keamanan, pihaknya justru meminta kepada yang bersangkutan untuk melakukan evaluasi.

“Seperti yang disampaikan Presiden untuk dilakukan evaluasi, susah saya memberikan komentar karena bukan porsi dan proporsi saya sebagai KONI,” katanya menjelaskan.

Selain itu, lanjut Nabil, dirinya juga meminta kepada pemerintah agar melakukan komunikasi dengan Viva agar tidak ada sanksi yang berkepanjangan terhadap kegiatan sepakbola di Indonesia.

“Saya mengharapkan Menpora dan PSSI segara menyelesaikan tragedi ini. Juga, berupaya tidak adanya sanksi yang berkepanjangan terhadap sepakbola di tanah air,” pintanya.

Ke depannya, kata Nabil, semua pihak penyelenggara kegiatan olahraga khususnya sepakbola seyogyanya mengantisipasi kejadian seperti ini sesuai dengan prosedur yang ada, agar tidak kembali terjadi yang ke sekian kalinya.

“Ini merupakan pelajaran yang sangat berharga, walaupun dengan pembiayaan yang sangat besar dan sangat tinggi,” pungkasnya.

Reporter : Fauzi
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan