Tidak Punya Uang Untuk Beli Rokok, Seorang Pemuda di Kota Probolinggo Nekad Curi HP Tetangga

oleh -1.212 views
Tersangka (Mohammad Rizky saat diintrograsi Kasat Reskrim AKP Heri Sugiono, Selasa (30/6/20) siang.

PROBOLINGGO, Selasa (30/6/2020) suaraindonesia-news.com – Berdalih tidak punya uang untuk beli rokok, seorang pemuda bernama Mohammad Rizky Bin Sugiono (21), warga Jalan Sunan Kudus, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo Jawa Timur nekad mencuri HP milik tetangga sendiri.

Namun aksi kejahatannya diketahui oleh warga dan polisi, sehingga sebelum tersangka ini berhasil menjual hasil kejahatannya ditangkap dulu oleh petugas.

Kronologinya, menurut keterangan Kapolres Probolinggo Kota melalui Kasat Reskrim AKP Heri Sugiono saat konferensi pers, Selasa (30/6/20) siang, awalnya, pada hari Sabtu (27/6/20) sekitar jam 11.30 WIB tersangka melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) dirumah Rizal Adi Susanto di Jalan Sunan Kudus Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo yang tudak lain adalah tetangga tersangka sendiri.

Dengan berjalan kaki sekitar 500 meter, tersangka mendatangi rumah korban yang berlokasi didekat areal persawahan dan sepi. Sesampai dirumah korban, tersangka kemudian mengintip rumah korban melalui kaca jendela depan. Setelah diketahui didalam rumah tidak ada orang dan dalam keadaan sepi, tersangka kemudian mencoba membuka pintu rumah korban namun tidak berhasil karena terkunci.

Karena pintu rumah terkunci tersangka memutuskan untuk menendang pintu rumah korban dengan kaki tersangka sehingga kuncinya rusak. Dan setelah pintu rumah korban terbuka, tersangka masuk mengambil barang milik korban, diantaranya berupa sebuah HP Tablet merk Samsung beserta changernya bewarna putih, sebuah celana pendek warna biru dongker, sebuah tas warna coklat, sebuah topi warna hitam dan sebuah sentet kepala warna hitam.

Akan tetapi sebelum sempat keluar dari rumah korban, aksi tersangka ini diketahui oleh warga dan anggota polisi. Sehingga akhirnya tersangka berhasil ditangkap setelah mencoba melarikan diri.

Selanjutnya tersangka digelandang ke Mapolresta beserta barang bukti untuk diproses hukum. Sesuai catatan Kepolisian, tersangka ini 4 tahun lalu pernah ditangkap oleh Polres Probolinggo Kota dengan kasus yang sama. Namun saat itu tersangka masih dibawah umur.

“Pengakuan tersangka kepada petugas penyidik, hasil pencurian dijual untuk membeli rokok,” kata AKP Heri Sugiono.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka kami jerat pasal 363 KHUPidana.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *