Ternak Sapi di Kampung Fankahrio Distrik Aifat Timur Tengah Kabupaten Maybrat Maju Pesat

oleh -43 views
Yermia Kareth saat melakukan Evaluasi dan monitoring bantuan Ternak Sapi di Kampung Fankahrio, Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat.

MAYBRAT, Minggu (20/9/2020) suaraindonesia-news.com – Bantuan Ternak sapi di Kampung Fankahrio Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat mengalami peningkatan yang signifikan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Hendrikus Fatem, MP melalui staf teknis bidang seksi budidaya ternak bidang produksi ternak, Yermia Kareth S.Pt, M.Si dikampung Fankahrio menjelaskan, bahwa perkembangan ternak sapi di Kampung Fankahrio Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat sangat maju pesat.

“Ternak sapi betina yang dihibahkan Pemerintah Provinsi Papua Barat sebanyak 25 Ekor yang sudah Bunting Melalui progam Inseminasi Buatan, secara langsung perkembangan ternak sapi tersebut sudah mengalami perubahan, dari 25 Ekor sapi dapat menghasilkan 10-15 Ekor pertahun,” kata Yermia Kareth saat melakukan Evaluasi dan monitoring.

Kendala yang dihadapi adalah kurangnya tenaga medis dalam ini Dokter atau mantri Hewan yang mendukung sehingga terjadi kematian, karena ternak sapi tersebut pada saat Bunting anaknya posisi melintang sehingga menyebabkan kematian bagi anak dan induk sapi tersebut.

Selain itu juga Rens yang dibagun untuk ternak sapi juga terendam banjir pada saat musim hujan, karena Rens tersebut dibangun dipinggir kali kamundang, dengan adanya kendala yang dihadapi masyarakat sehingga mereka mengambil inisiatif untuk membagikan ternak sapi tersebut kepada anggota kelompok dengan jumlah 25 orang.

“Ternak sapi ini dapat juga membantu pemerintah Kabupaten Maybrat sebagai penyediaan stock sehingga tidak lagi mendatangkan dari luar Daerah,” terangnya.

Yermia karet Berharap kepada pemerintah kabupaten Maybrat melalui Dinas Pertanian dan Peternakan agar menyiapkan anggaran untuk penyiapan lahan ternak sapi, perawatan dan juga pembangunan Rens bagi Ternak.

Reporter : Ones
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *