Terjerat Kasus Korupsi Dana Bedah Rumah Warga, Kades Sambong Terancam Hukuman Seumur Hidup

oleh -116 views
Tersangka Kasus dana rehabilitasi RTLH.(Foto: Dok. Kejari Rembang).

REMBANG, Jumat (6/12/2019) suaraindonesia-news.com – Oknum Kepala Desa Sambong, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jateng, ditangkap lantaran diduga menggelapkan dana rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Oknum Kades yakni Kunardi, Kepala Desa Sambong Kecamatan Sedan Rembang, Jawa Tengah.

Saat ini Kurnadi telah ditahan oleh pihak Kejaksaan Negeri Rembang. Namun saat ini ia sedang dalam posisi nonaktif karena ikut dalam pilkades yang di gelar serentak se-Kabupaten Rembang pada tanggal 6 November 2019 lalu.

Kepala Seksi Pidana khusus, Leo Rinanto menjelaskan, Kurnadi ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga melakukan tindak pidana korupsi menggelapkan dana yang selayaknya untuk penerima bantuan tapi justru uang bantuan itu dikuasai secara pribadi.

“Ya mas benar, Kunardi ditetapkan tersangka dalam kasus korupsi rehabilitasi rumah tidak layak huni di Deda Sambong,” terang Leo.

Leo mengatakan, atas kasus itu tersangka Kurnadi meraup uang hingga senilai Rp 130 juta. Yakni yang dialokasikan untuk rehabilitasi RTLH terhadap 13 unit rumah masing-masing Rp 10juta pada tahun anggaran 2018 kemarin.

“Totalnya Rp 130 juta, itu untuk
13 unit rumah, satu rumahnya
10 juta pada tahun anggaran 2018 kemarin,” terangnya.

Saat disinggung pasal serta ancaman hukuman, Leo menjelaskan tersangka Kunardi saat ini statusnya sebagai tahanan penyidik Kejaksaan Negeri Rembang.

“Ia ditengarai melanggar Pasal 2 juncto 3 Undang-undang Tipikor dengan ancaman hukuman mulai 20 tahun sampai seumur hidup,” tandasnya.

Sementara itu Winardi, bendahara Desa Sambong saat ditemui di kantor Balai desa setempat , membenarkan adanya penahanan terhadap kepala desa Nonaktif Kunardi.

“Pak Kunardi selesai periode sebagai Kades besok 5 Desember 2019. mulai hari ini tadi tidak ngantor, info pak Kunardi ditahan Kejaksaan Negeri terkait kasus korupsi RTLH. Kebetulan Pilkades kemarin pak Kunardi tidak terpilih lagi, besok dilantik Kades baru,” terang Winardi.

Reporter : Minan
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *