SILPA 700 Miliar Lebih, Ini Langkah Bupati Jember

Bupati Jember saat menyampaikan jawaban atas pandangan fraksi-fraksi pada Rapat Paripurna dengan agenda pembahasan LPP anggaran tahun 2018. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Kamis (18/7/2019) suaraindonesia-news.com – Delapan fraksi di DPRD Kabupaten Jember menyetujui Raperda LPP ABD tahun anggaran 2018 disahkan menjadi Perda, dengan berbagai catatan. Berbagai catatan tersebut, mayoritas mengarah pada daya serap anggaran yaitu adanya Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sebesar Rp. 700 miliar lebih dan tekanan kepada eksekutif meningkatkan predikat dari saat ini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Seperti disampaikan Fraksi Partai Gerindra melalui juru bicaranya, Marduan, yang berharap Bupati Jember dan seluruh jajarannya terus berbuat dan melaksanakan amanah rakyat dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat.

“Juga berharap agar seluruh temuan BPK dan semua rekomendasinya yang berkaitan dengan penyelenggaraan dan pelaksanaan keuangan daerah benar-benar dipatuhi dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Jember,” ujar Marduan dalam Rapat Paripurna, Kamis (18/7) sore.

Sedangkan juru bicara Fraksi Amanat Pembangunan Ikbal Wilda Fardana. SH menyampaikan sarannya agar Pemerintah Kabupaten Jember lebih disiplin.

“Lebih disiplin terkait dengan sistem administrasi yang dibuat oleh masing-masing organisasi perangkat daerah, agar kedepannya tidak ada lagi sisa lebih penggunaan anggaran,” sarannya.

Menanggapi saran dan kritik para fraksi, Bupati Jember, Faida menerangkan itu semua menjadi evaluasi baginya bahwa tujuan legislatif maupun eksekutif sama yaitu mengeksekusi program pembangunan lebih awal.

“Ke depannya supaya membuat perencanaan yang bisa dieksekusi lebih awal, dan menghindarkan silpa-silpa karena kegagalan administrasi seperti Dinas Kesehatan,” ungkap Faida.

Mengenai adanya percepatan penyerapan supaya tidak ada lagi SILPA, Faida akan fokus pada perencanaan yang lebih mudah dieksekusi.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here