Seorang Warga Desa Saitagaramba Terkonfirmasi Covid-19, Humas GTPP : Mari Ikuti Protokol Kesehatan

oleh -627 views
Ilustrasi

NIAS, Kamis (10/9/2020) suaraindonesia-news.com – Seorang warga berinisial KS umur 25 tahun, alamat Desa Saitagaramba, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias, yang bekerja sebagai pegawai UPTD RSUD Gunungsitoli terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai hasil pemeriksaan laboratorium Swab Tes Cepat Molekuler (TCM) pada tanggal 9 September 2020 berdasarkan surat keterangan Direktur UPTD RSUD Gunungsitoli.

Hal tersebut disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Nias selaku Koordinator Humas GTPP Kabupaten Nias, Drs. Dahlanroso Lase.

“Secara kumulatif jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Nias menjadi 7 (tujuh) orang. GTPP masih menelusuri riwayat dimana yang bersangkutan terpapar dan akan melaksanakan tracking kontak erat dengan pasien C007 tersebut yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas Sogaeadu pada waktu yang akan ditentukan dan diumumkan kemudian,” kata Dahlanroso Lase.

Ia juga menginformasikan bahwa hingga saat ini pegawai/tenaga kesehatan di RSUD Gunungsitoli yang telah terpapar Covid-19 mencapai 23 orang, terdiri dari 1 orang dokter spesialis, 3 orang dokter umum, perawat/bidan 13 orang, analis 1 orang, dan manajemen 5 orang.

“Selain dari cluster GBI Pasar Ya’ahowu, sebagian besar terpapar dari pasien umum yang dirawat dan tidak jujur memberikan informasi terkait gejala dan riwayat perjalanan atau hasil rapid tes yang reaktif,” terang Dahlanroso.

Untuk memutus mata rantai penularan dan mengurangi beban tenaga kesehatan, maka pelayanan poliklinik dan fisioterapi untuk sementara tidak melayani pasien sampai tanggal 16 September 2020, sementara pelayanan lainnya yang bersifat emergency tetap berjalan seperti biasa.

“Kami mengharapkan dukungan doa bagi seluruh pegawai dan tenaga kesehatan di RSUD Gunungsitoli agar senantiasa diberi kesehatan, kekuatan dan semangat untuk terus melayani sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19 di Kepulauan Nias,” ujarnya.

Dahlanroso juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nias agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan, yaitu wajib pakai masker, cuci tangan, selalu jaga jarak dan hindari kerumunan (di tempat pesta, pekan-pekan) serta jaga kesehatan dan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur. Mari bersatu melawan Covid-19.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *