Sempurnakan Bulan Suci Ramadhan, Komunitas Papote Kangean Gelar Santunan Anak Yatim

oleh -499 views
Ketua Panitia Pelaksana Matsuni saat menyerahkan santunan

SUMENEP, Kamis (30/05/2019) suaraindonesia-news.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri dalam Bulan suci Ramdahan ini, Komunitas Papote Kangean melakukan kegiatan santunan Anak Yatim / Piatu dalam menyempurnakan ibadah bulan Nan Agung, Kamis (30/05/2019) yang bertempat dihalaman SD Negeri I Paseraman, Jalan Raya Paseraman, Kecamatan Ajasa, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Dengan mengambil Tema “Ramadhan Berkah Degan Berbagi Bersama Anak Yatim”.

Ketua Panitia Pelaksana Matsuni dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan santunan yang diselenggarakan saat ini ialah program rutin tahunan komunitas Papote Kangean dan program perdananya direalisaikan pada bulan Ramadhan Tahun 2018 yang lalu.

“Kegiatan santunan Anak Yatim / Piatu ini adalah program rutin tiap tahun satu kali, tepatnya di Bulan Suci Ramadhan, dan sekarang giat yang kedua kalinya,” Katanya.

Matsuni melanjutkan, bahwa kagiatan bertujuan selain besilaturrahmi terhadap para anak Yatim / Piatu juga untuk memberikan semangat dalam menjalani proses hidupnya, sehingga kelak menjadi orang yang sukses dan mampu jadi orang yang berguna terhadap Agama, Bangsa dan Negaranya.

“Tujuan kita dalam mengumpulkan para anak yatim / piatu ini bukan sekedar memberi santunan harta-benda, tapi yang lebih utama memberi semangat dan kepercayaan diri, serta menunjukan bahwa mereka tidak dibiarkan sendiri, namun ada orang disekitarnya yang akan membuatnya bahagia,” Lanjut Matsuni, sambil berurai air mata yang tak terbendung membasahi sebagian pipinya.

Masih kata Matsuni, dimana ada perbedaan dalam kegiatan yang dilakukan sekarang dengan Tahun sebelumnya, semisal antusias dan semangat dukungan masyarakat, utamanya para donatur yang ikut berpartisipasi dalam giat ini, baik itu berbentuk bantuan pemikiran, dana, perlengkapan dan sebagainya. Sebagai bukti dalam data dikepanitian Komunitas Papote Kangean mampu mengumpulkan 242 Anak Yatim, berbeda dengan Tahun lalu yang hanya 94 Anak Yatim.

“Kita patut bersyukur atas dukungan semuanya, “Papote saat ini mampu memberi saluran bantuan atau santunan kepada 242 Anak Yatimi,”  Pungkasnya.

Dalam pernyataan penutupnya, Matsuni yang juga berstatus sebagai Bendahara Umum (Bendum) Komunitas Papote Kangean ini melaporkan wilayah dan dana Papote kepada khalayak ramai, seperti mulai dari awal berdirinya Papote mendapatkan bantuan dari donatur sebesar Rp 165.903.450 dan pengeluarannya sampai pada kegiatan ini sebesar Rp 150.378.000 sehingga Saldo dari Papote sebesar Rp 15.525.450. dan sisa dari kegiatan santunan anak Yatim di 17 Desa ini, untuk kegiatan rutin tiap minggunya, tepatnya Hari Ahad  Papote sealu menyalurkan bantuan kepada dua orang Fakir-miskin atau Dhuafa. Uniknya dalam pernyatan terakhirnya, ada beberapa orang yang menyempatkan diri memberi sumbangan kepada Papote dengan jumlah sebesar Rp 1.300.000, sehingga saldo terakhir Papote kian bertambah.

“Kegiatan ini kami targetkan 17 Desa, dan 242 Anak Yatim, dengan masing-masing anak mendapat uang bantuan Rp 200.000 Plus bingkisan yang sudah terkemas rapi,” Tutupnya.

Dikonfirmasi ditempat terpisah, Basri, S.Pd selaku Ketua Umum (Ketum) Komunitas Papote Kangean mengatakan bahwa pada hakikatnya pola gerak Oragnisai ini, bukan hanya wadah penyalur bantuan, namun lebih dari itu iaitu mengajak anggota, simpatisan Papote bersama menegakkan ajaran Agama secara utuh, sehingga mampu dekat dengan Tuhannya, belajar bersama dalam pencarian ilmu untuk bekal diri, agar tidak terjebak pada hal yang bersifat kekauan dalam hidup yang bisa merugikan dirinya sendiri, serta bisa memahami hal-hal yang berkaitan dengan orang dan alam disekitar kita, tujuannyan tidak lain, mampu merangsang diri untuk terus saling tolong-meneolong antar sesama, khususnya bagi Anak Yatim dan Kaum Dhuafa.

“Organisasi hadir untuk menekankan pada tiga hal pokok, Reguilitas, Intelektualitas dan tentang Humanitas, maka kami selalu mengadakan pertemuan atau diskusi dan pengajian setiap malam Ahad, disekretariat atau diluar,’’ tuturnya.

Lain daripada itu, Ketua Umum Papote menyampaikan banyak terimaksih kepada seluruh elemen masyarakat Kangean, baik yang berdomisili di Kangean, maupun diluar Kangean, bahkan diluar Negeri atas semua bantuan sumbangan, sehingga Papote sampai saat ini mampu berdiri dan berjalan sehat. Kedepannya kepada para dermawan untuk tidak bosan-bosannya dalam bantuannya, baik pemikiran maupun berbentuk dana dan sebagainya, sehigga “Papote” bermamfaat bagi orang lain.

“Saluran Bantuan yang dikeluarkan Papote ini murni swadaya masyarakat, sehingga kita selalu menerima sumbangan baik secara langsung datang ke Sekretariat Papote dengan Alamat Jl. Smbakati Arjasa (Depan SD Negeri Paseraman I), maupun lewat Rekeningnya dengan Nomor 0342187382 Bank Jatim a/n Komuitas Papote Kangean,” Kata Basri, ketika menutup pernytaanya.

Dalam kegiatan Santunan Anak Yatim / Piatu kali ini, selain mengundang Anak Yatim / Piatu untuk diberi bantuan, juga mengundang para donatur, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta masyarakat Kangean. Selain itu juga Panitia mengundang Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Arjasa, namun keterwakilan Forpimka tidak ada dilokasi, mungkin ada kegiatan lain atau alasan lain yang tidak terkonfirmasi kepada Panitia Pelaksana.

Reporter : Moh. Hasan
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan